Secara serentak tadi semua bus sudah diberangkatkan
Pekalongan (ANTARA) - Sebanyak sepuluh bus penumpang program balik gratis dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, secara bertahap mulai diberangkatkan dari Terminal Tipe A Pekalongan, Jawa Tengah.

Pelaksana Tugas Kepala Terminal Tipe A Pekalongan Fitri Indriyani Rahayuwati di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa persiapan program untuk arus balik ini sejak malam hari, semua bus sudah berada di Terminal A Pekalongan.

"Penumpang sudah didata oleh panitia penyelenggara program mudik balik gratis. Tadi, semua penumpang sudah masuk ke dalam bus untuk menuju Jakarta dan sekitarnya," katanya.

Pemudik yang memanfaatkan program ini berasal dari beberapa daerah, antara lain warga Kabupaten Pemalang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Batang.

Baca juga: Pemkab Jember sediakan 10 bus mudik dan balik Lebaran gratis

Baca juga: Pemkot Bekasi sediakan 10 bus mudik gratis


Menurut dia, sebanyak 10 bus program balik gratis dari Pemprov DKI Jakarta mulai diberangkatkan dari Terminal Tipe A Pekalongan yang masing-masing memiliki 54 tempat duduk.

"Akan tetapi, jumlah penumpang pada program ini, rata-rata hanya 20 penumpang per bus," kata Fitri Indriyani.

Staf Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta Hendra mengatakan di Pekalongan ada 10 bus yang diberangkatkan dalam program balik gratis.

"Secara serentak tadi semua bus sudah diberangkatkan. Semoga, semua penumpang selamat sampai ke tempat tujuan," katanya.

Menurut dia, jumlah total alokasi wilayah dari program gratis mudik balik ini ada 17 wilayah, termasuk Kota Pekalongan.

Adapun untuk persyaratan ikut mudik balik gratis ini, kata dia, yaitu melalui pendaftaran yang sudah dibagikan melalui sosial media dan tidak ada batasan orang yang bisa mengikuti program itu.

"Kami dibantu sama panitia penyelenggara. Jadi nantinya sebelum diberangkatkan terlebih dahulu, mereka di data baik identitas dan administrasinya," katanya.

Baca juga: DKI siapkan bus dan truk untuk mudik gratis 2022

Baca juga: 1.790 bus layani mudik gratis DKI

 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022