Makassar (ANTARA) - Direksi PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM), Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Group memberangkatkan 10 bus yang berisi 300 peserta Mudik Gratis Bersama BUMN dari Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar.

"Pelepasan (flag off) Mudik Gratis Tahun 2024 bersama BUMN merupakan salah satu Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan dilakukan secara bersama Pelindo group," kata Executive Director Pelindo Regional 4, Abdul Azis didampingi Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim Arief Prabowo, Direktur SDM dan Umum, Rahmat Prayogi, dan Direktur Utama PT Equiport Inti Indonesia, Muhammad Ayyub di Pelabuhan Makassar, Kamis malam.

Dia mengatakan, sebanyak 10 unit bus yang diberangkatkan pada malam ini, dilakukan selepas melaksanakan buka puasa dan sholat berjamaah.

Para pemudik berkumpul untuk berdoa bersama sebelum berangkat dilanjutkan foto bersama jajaran Direksi SPJM Pelindo.

Baca juga: Program mudik gratis Pelindo memberangkatkan ribuan pemudik ke 13 kota

Pada kesempatan tersebut Abdul Azis mengimbau pemudik agar selalu menjaga kesehatan dan ketertiban selama di perjalanan, sehingga dapat tiba dengan selamat di tempat tujuan dan berkumpul bersama keluarga tercinta.

Dia mengatakan bahwa program mudik perusahaan ini merupakan bagian dari Program BUMN, dalam hal ini perusahaan di bawah BUMN termasuk Pelindo Group yang di dalmnya terdapat SPJM sebagai salah satu subholding juga ikut melaksanakan program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024.

"Program ini merupakan komitmen BUMN untuk pelaksanaan mudik yang kondusif, dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan pemudik," katanya.

Baca juga: Pelindo siagakan posko terpadu demi kelancaran-keamanan angkutan mudik

Adapun tujuan Mudik Gratis adalah untuk meringankan masyarakat ekonomi menengah ke bawah, serta meminimalisir kecelakaan lalu lintas selama arus mudik.

Mudik Gratis Tahun 2024, SPJM menyediakan sebanyak 300 kuota. 270 untuk rute Makassar hingga Palopo, dan 30 untuk rute Makassar hingga Bulukumba. Penumpang juga bisa turun di kabupaten yang dilalui seperti Pangkep, Pare-Pare, Sidrap, atau Bantaeng, Jeneponto, dan Takalar.

Salah seorang pemudik tujuan Palopo, Rahmat Roy mengatakan, mudik gratis ini sangat membantu secara ekonomi. Program ini sangat membantu ia bersama keluarga yang berangkat sebanyak 10 orang anggota.

“Saya berharap Pelindo Jasa Maritim dapat terus melaksanakan program ini di tahun-tahun berikutnya sehingga masyarakat seperti kami juga selalu terbantu,” katanya.
Ilustrasi penumpang selaku peserta mudik gratis Program TJSL SPJM Pelindo disela pelepasan peserta Mudik Gratis SPJM Pelindo di Pelabuhan Makassar, Kamis petang (4/4/2024). Antara/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024