Kabupaten Bogor (ANTARA) - Kepolisian Resor Bogor Jawa Barat menyediakan sebanyak 10 bus dalam Program Mudik Gratis untuk memfasilitasi masyarakat setempat yang hendak pulang ke kampung halaman menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro di Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin, menjelaskan 10 bus tersebut dibagi menjadi dua jalur perjalanan, yakni jalur selatan dan utara.

Pertama, jalur selatan dengan tujuan Purworejo melalui rute Bandung - Tasik - Banjar - Karangpucung - Wangon - Gombong - Kebumen - Purworejo. Kedua, jalur utara tujuan Semarang dengan rute Cirebon - Brebes - Pemalang - Batang - Kendal - Semarang.

"Akan dilaksanakan pemberangkatan pada tanggal 3 April 2024 dengan sebanyak 10 unit bus yang mengangkut para pemudik tersebut," ungkap Rio.

Para pemudik akan diberangkatkan menggunakan 10 bus dari halaman parkir Stadion Pakansari dengan dilepas oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor.

Rio mengungkapkan Program Mudik Gratis ini untuk memfasilitasi masyarakat yang kehabisan tiket bus ataupun tiket kereta api saat hendak pulang ke kampung halaman.

"Maka dari itu kami membantu sepenuh hati melayani kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Kabupaten Bogor untuk meringankan keadaan mereka, dari rute keberangkatan yang sudah tersusun oleh Satlantas Polres Bogor," ujarnya.

Ia berharap para peserta Program Mudik Gratis Polres Bogor ini dapat tiba di kampung halaman dengan kondisi selamat, sehingga bisa merayakan Lebaran bersama keluarga.

Pendaftaran Program Mudik Gratis Polres Bogor dibuka mulai 25-27 Maret 2024. Namun, baru beberapa jam dibuka, kuota yang tersedia langsung penuh, sehingga pendaftaran langsung ditutup.

Baca juga: Kemenhub: Kuota mudik gratis dengan bus meningkat 21,84 persen
Baca juga: DKI siapkan armada cadangan antisipasi bus mudik gratis terlambat
Baca juga: TNI kerahkan personel dan armada bantu penanganan mudik Lebaran 2024

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024