Jakarta (ANTARA News) - Setelah selesai pada Indonesia ICT Award (INAICTA) 2011 yang lalu, bagi anda pemerhati teknologi, desain dan hoby otak-atik robot dan ingin karya anda muncul di ajang internasional, anda ditantang unjuk ide, kreatifitas dan ketangkasan robot di ajang International Robot Olympiad (IRO 2011) yang akan diselenggarakan pada 15 Desember 2011 di Jakarta.

Siaran pers panitia IRO 2011 di Jakarta, Rabu, menyebutkan, IRO adalah ajang bergengsi kompetisi robot dunia yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya yang kali ini akan di gelar di Indonesia. Olimpiade Robot ini di prakarsai oleh Internasional Robot Olympiad Committee (IROC) yang bermarkas di Korea dan penyelenggaraanya diserahkan kepada Robot Organizing Committee Indonesia (ROCI) dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi Republik Indonesia.

IRO dirancang sebagai wadah untuk mengembangkan ide para siswa sekolah tingkat dasar, menengah dan atas di seluruh dunia. Diharapkan IRO 2011 menjadi momentum pemicu lahirnya roboticist muda Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya. Selain itu IRO juga berfungsi sebagai ajang promosi bagi industri robot untuk hunting tallent sekaligus memamerkan berbagai produk terbarunya.

International Robot Olympiad tahun ini adalah even yang ke-13, dimana pada ajang ke-12 di Autralia lalu, tim Indonesia berhasil meraih juara pertama dan membawa pulang medali emas dalam kategori Junior Creative Robot. Dan tahun 2011 selain dipercaya menjadi tuan rumah, tim robot Indonesia juga ditantang untuk mempertahankan dan meningkatkan juara internasional.

IRO 2011 rencana akan digelar pada tanggal 15 Desember 2011 bertempat di Universitas Tarumanegara, Jakarta. Dengan mengusung tema, "Robot for Helping People from Natural Disaster" diharapkan pada IRO 2011 kali ini muncul banyak teknologi robot yang dapat diaplikasikan untuk penanggulangan bencana alam yang saat ini sering terjadi di beberapa Negara, khususnya di Indonesia.

IRO 2011 kali ini menambahkan 2 kategori baru dari 12 kategori yang biasa dilombakan di tahun-tahun sebelumnya. Kategori tersebut yaitu "Energy Saving Robot" dan "Robot Indonesiana".

"Kategori Energy Saving Robot adalah bentuk kepedulian Indonesia pada dampak rumah kaca dan konsern pada pelestarian lingkungan, sedang kategori Robot Indonesiana bertujuan sebagai promosi budaya Indonesia dikancah Internasional".

Pada 26 September 2011 lalu, telah hadir 5 dari 10 negara peserta yang sudah komit mengikuti IRO 2011 guna menghadiri acara Technical Meeting di Jakarta. Lima negara tersebut yakni Amerika, Thailand, Korea, Brunei dan Singapura.

Acara ini diselenggarakan untuk menjelaskan kepada masing-masing perwakilan negara tentang mekanisme pendaftaran, kategori lomba, peraturan lomba, system penjurian dan detail teknis pelaksanaan lomba. Diharapkan dengan berlangsungnya acara ini, masing-masing negara dapat lebih memahami dan mampu mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan lomba pada bulan Desember mendatang dengan baik. (*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011