Jakarta (ANTARA News) - Kebakaran besar telah menghanguskan 150 rumah petak di kawasan RW07 Kampung Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis.

Menurut Kasie Operasi Suku Dinas Kebakaran Jakarta Utara Nurdin Silalahi, penyebab kebakaran sementara diduga akibat hubungan arus pendek listrik.

"Api dapat dipadamkan setelah menerjunkan 25 mobil pemadam kebakaran," katanya.

Perwira piket pemadam kebakaran yang dipimpin Firman dapat memadamkan api setelah 2,5 jam. Mobil pemadam kebakaran dikerahkan dari wilayah Jakarta Utara, Pusat, Jakarta Barat dan Dinas Kebakaran Perovinsi DKI Jakarta.

Lokasi kebakaran berada di pemukiman padat penduduk. "Warga saat terjadinya kebakaran, di saat orang sedang terlelap tidur," ujarnya.

Api yang membakar pemukiman padat penduduk tersebut, diduga berasal dari rumah semi permanen milik Samsudin (38), yang berada di RT16/17, Penjaringan. Area yang terbakar yang luasnya 600 meter persegi tersebut, sekarang rata dengan tanah.

Menurut Nurdin, warga korban kebakaran akan ditampung sementara di dekat lokasi kebakaran.

Saat ditanya apakah ada korban jiwa dalam musibah tersebut, kata Nurdin, tidak ada. "Saat ini juga, sudah disiagakan dua mobil PMI dan dapur umum," tandasnya.

Sementara itu, Jhon (38), warga korban kebakaran mengatakan, saat ini warga mengharapkan adanya bantuan pihak Walikota Jakarta Utara.

"Kami ini kena musibah, seharusnya bantuan yang diberikan material bangunan untuk kembali mendirikan bangunan," tandasnya.

(ANT-008/R021)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011