Jakarta (ANTARA) - General Managers Brooklyn Nets Sean Marks menyatakan bahwa timnya menuntut komitmen nyata Kyrie Irving yang musim depan akan menjalani satu tahun terakhir dari kontrak berdurasi empat tahun yang ia tanda tangani pada 2019.

Beberapa waktu terakhir Irving kerap mengungkapkan ke hadapan media bahwa ia siap untuk menegosiasikan perpanjangan kontrak baru dan bertahan di Nets.

Kendati demikian, musim ini Irving nyaris absen dari seluruh gim-gim kandang Nets lantaran menolak vaksinasi COVID-19 sementara pemerintah kota New York memberlakukan mandat vaksin.

Marks mengungkapkan bahwa potensi negosiasi perpanjangan kontrak Irving pada musim panas nanti akan mencantumkan evaluasi dedikasinya bermain kecuali dalam keadaan cedera.

"Saya pikir itu akan menjadi bagian dari pembahasan," kata Marks dikutip dari situs resmi NBA, Kamis.

"Ini olahraga tim dan Anda membutuhkan semua pemain berada di atas lapangan," ujarnya menambahkan.

Keberadaan semua pemain di atas lapangan bukanlah sesuatu yang mewarnai musim Nets, di mana mereka finis sebagai urutan ketujuh klasemen Wilayah Timur dan disingkirkan empat gim langsung dari putaran pertama playoff oleh Boston Celtics.

Nets mengawali musim 2021-22 tanpa Irving setelah memutuskan mereka tidak ingin pebasket berusia 30 tahun itu sebagai pemain paruh waktu.

Baca juga: Kyrie Irving akui "comeback" kandangnya tak sesuai harapan

Namun pada akhirnya Nets memutuskan untuk menggunakan jasa Irving pada Desember 2021 hanya untuk gim-gim tandang, lantaran New York mewajibkan penampil di muka publik untuk memiliki status sudah divaksin COVID-19.

Mandat vaksin tersebut dicabut oleh Wali Kota New York pada akhir Maret, ketika Nets sudah terseok-seok demi merintis jalan menuju playoff via turnamen play-in.

Irving dalam beberapa kesempatan menyatakan ia ingin memperpanjang kontrak pada musim panas untuk bertahan di Nets bersama Kevin Durant yang sudah lebih dulu melewati negosiasi itu pada 2021.

Marks mengatakan pihaknya belum memulai negosiasi dengan Irving tapi Nets tahu betul apa yang mereka butuhkan.

"Kami mencari pemain yang mau berada di sini dan menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari dirinya sendiri, tidak egois, bermain permainan tim dan bisa tampil," kata Marks.

"Dan itu bukan hanya berlaku untuk Kyrie tapi semua pemain yang ada di sini," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Kyrie Irving akan terus perkuat Nets

Selanjutnya : opsi Irving

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022