Surabaya (ANTARA News) - Drama teatrikal "Sumpah Palapa" yang menggambarkan sepak terjang kepemimpinan Patih Gajah Mada dalam menyatukan wilayah Nusantara memeriahkan peringatan Hari Armada di Dermaga Komando Armada RI Kawasan Timur, Ujung, Surabaya, Senin.

Teatrikal Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit itu menjadi pembuka rangkaian atraksi yang dilakukan prajurit TNI AL, antara lain penanganan teroris oleh Pasukan Katak, "sailing pass", "fast rope", dan parade kapal perang serta pesawat tempur.

Dalam teatrikal itu dikisahkan Patih Gajah Mada diskenario berkeliling wilayah Nusantara selama beberapa bulan dengan menumpang kapal perang dan kemudian kembali ke Dermaga Ujung Surabaya untuk menyampaikan tongkat komando pengamanan wilayah perairan Indonesia kepada TNI AL.

Upacara peringatan Hari Armada dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno dan diikuti tujuh batalyon pasukan dari berbagai unsur satuan di lingkungan TNI AL, satu unit Korsik Lantamal V dan satu kompi PNS.

Dalam amanatnya, KSAL menegaskan bahwa tantangan yang dihadapi TNI AL ke depan semakin berat dan komplek sehingga diperlukan pembinaan dan profesionalisme prajurit secara terus-menerus.

"Meskipun alutsista (alat utama sistem persenjataan) yang dimiliki TNI AL usianya sudah banyak yang tua dan teknologinya tertinggal, tetapi tugas pengamanan wilayah NKRI tetap harus dikedepankan," katanya.

Upacara peringatan Hari Armada diakhiri dengan defile pasukan dan formasi terjun payung dari prajurit TNI AL.  (D010/S021)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011