Jakarta (ANTARA News) - Operator seluler PT XL Axiata Tbk meluncurkan XL Axara, layanan nilai tambah seluler berbasis kurikulum sekolah untuk mendukung proses belajar mengajar generasi muda Indonesia.

"XL berkomitmen mendorong produktivitas dan kinerja seluruh masyarakat, termasuk konten pendidikan," kata Vice President Strategic Business & Innovation XL, Jeremiah de la Cruz, di Jakarta, Selasa.

Menurut Jermiah, XL memanfaatkan TIK untuk memajukan kualitas kehidupan sosial masyarakat yang masih tertinggal, antara lain pendidikan.

XL Axara merupakan layanan pendidikan terintegrasi yang menawarkan berbagai pelajaran di sekolah seperti Matematika, Fisika, Sains, Kimia, atau Biologi.

Vice President Corporate Communication Turina Farouk mengatakan bahwa konten ini juga menyediakan materi yang sifatnya non-pelajaran seperti kursus Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, atau pun tips motivasi, dan English Proverb.

"Axara didisain untuk bisa dimanfaatkan oleh siswa SD, SMP dan SMU termasuk untuk orang tua didik, yang dapat diakses melalui ponsel dan gadget lainnya," ujar Turina.

Akses pelanggan dapat dimaksimalkan melalui layanan SMS, mengakses Menu Browser, maupun membuka portal WAP XL Axara.

Turina menuturkan saat ini XL Axara didukung beberapa narasumber yang terpercaya seperti Pesona Edu, Global Language, Ai Learning, dan termasuk British Council & LTT yang akan bergabung dalam waktu dekat.

Sementara itu Product Manager XL Axiata, Supriyadi mengatakan biaya pengguna XL Axiara sangat terjangkau.

"XL Axara didisain khusus sesuai dengan tingkat kemampuan segmen siswa atau pelajar. Dengan biaya Rp550 per SMS (hanya 2 kali SMS diterima per minggu), ditambah dengan "free trial" selama satu minggu pertama untuk semua layanan," ujar Supriyadi.

Selain SMS, pelanggan juga dapat menikmati layanan ini dalam bentuk video dengan tarif Rp1/KB.

Sebelumnya XL juga memiliki konten XL Baca layanan data "digital reading" yang berisikan materi publikasi dalam format digital baik majalah, suratkabar, maupun buku.

Hingga kini tercatat sekitar 2.000 judul buku sudah tersedia dalam format yang bisa diakses melalui berbagai model smartphone.

Sampai dengan akhir tahun setidaknya 20 penerbit menjadi mitra XL untuk menyediakan konten XL Baca seperi Kompas Gramedia (buku), Mizan Digital Publishing (buku), MRA Printed Media (majalah), Tempo (majalah dan surat kabar), The Jakarta Post (suratkabar), dan Tiga Serangkai (buku).

(R017/M026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011