"Namamu siapa, tinggal di mana, pangkatmu apa?
Kupang (ANTARA) - Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, menggunakan bahasa Tetum, bahasa daerah Timor saat berdialog dengan warga eks Timor Timur yang kini berada di Kabupaten Kupang.

"Namamu siapa, tinggal di mana, pangkatmu apa?," kata dia, saat bertemu dengan sejumlah veteran perang di Kabupaten Kupang, Rabu. Ia sangat fasih berbahasa Tetum, yang sering digunakan masyarakat saat Timor Timur masih bergabung dengan Indonesia.

Baca juga: KASAD gandeng PLN bangun rumah dinas prajurit di Kupang

Ada kurang lebih 10 veteran Seroja yang dia sapa menggunakan bahasa Tetum, sehingga membuat Gubernur NTT, Viktor B Laiskodat, yang mendampingi dia kaget.

Ia katakan, dia pernah bertugas di Batalion Infantri 744/SYB yang saat itu markasnya ada di kawasan Bekora, Dili, saat Timor Timur masih menjadi bagian dari Indonesia.

Beberapa veteran perang dan beberapa warga juga mengaku mengenali sosok Abdurrahman yang terkenal dengan kebaikannya saat masih menjadi perwira remaja di Batalion Infantri 744/SYB. Sejak pertengahan 2000, Markas Komando Batalion Infantri 744/SYB dipindahkan ke kawasan Wedomu di Kabupaten Belu. 

Baca juga: KSAD tinjau Rumah Sakit TNI-AD di Kupang

Abdurrahman tiba Rabu siang di Bandara El Tari di Kupang. Saat tiba dia dijemput langsung Laiskodat di ruangan VVIP bandara di kawasan Penfui itu.

Ia dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja di sejumlah lokasi di NTT, dan meresmikan Batalion Artileri Medan dan juga Batalion Artileri Pertahanan Udara di Kabupaten Kupang pada Kamis (19/5).

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022