FIBA larang Rusia dan Belarus di kompetisi internasional

FIBA larang Rusia dan Belarus di kompetisi internasional

Logo federasi bola basket internasional, FIBA, di gedung markas mereka di Mies, Swiss, pada 24 April 2020. ANTARA/AFP/Fabrice Coffrini.

Jakarta (ANTARA) - Federasi bola basket internasional FIBA pada Rabu melarang Rusia dan Belarus menggelar dan berpartisipasi ke dalam turnamen internasional hingga pengumuman lebih lanjut menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Timnas putra Rusia dan Belarus telah menarik diri dari kualifikasi zona Eropa untuk Piala Dunia tahun depan dan tidak akan digantikan.

Rusia telah menyebut invasi yang mereka jalankan sebagai operasi militer khusus sedangkan Belarus membantu negara itu melancarkan serangan militernya ke Ukraina.

Tim putri Rusia, yang seharusnya bermain di Piala Dunia di Australia tahun ini, telah mengundurkan diri dan digantikan oleh Puerto Rico, sedangkan tim U-17 putri Rusia telah digantikan oleh Serbia untuk Piala Dunia di Hungaria.

Kedua negara itu juga tidak diizinkan berpartisipasi di kompetisi basket 3x3, termasuk Piala Dunia.

Sejumlah federasi olahraga dunia telah menjatuhkan sanksi kepada atlet Rusia dan Belarus serta ofisial, juga memindahkan atau membatalkan ajang-ajang yang digelar di negara mereka, demikian Reuters.

Baca juga: Legenda tinju Ukraina desak IOC larang atlet Rusia ikuti Olimpiade
Baca juga: Buntut sanksi bertubi-tubi, Rusia berencana keluar UEFA dan gabung AFC

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar