Padang (ANTARA News) - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang akan menambah setidaknya empat unit truk pengangkut sampah pada 2012.

Kepala DKP Padang Wedistar di Padang, Jumat, mengatakan, tahun depan telah dianggarkan dana untuk pembelian truk pengangkut sampah baru demi optimalisasi kebersihan kota itu.

"Berdasarkan persetujuan DPRD Kota Padang dalam APBD 2012, penambahan truk untuk DKP Padang tahun depan memang hanya empat unit sebagai pengganti truk yang sudah tidak layak pakai," kata dia.

Dia menambahkan, untuk pengadaan empat unit truk pengangkut sampah pada 2012 itu anggaran yang disetujui DPRD Kota Padang sebesar Rp1,5 miliar.

Kebutuhan penambahan truk sampah di Kota Padang untuk mengangkut sekitar 400 ton sampah setiap hari ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Koto Tangah.

Saat ini dari total 44 unit truk sampah yang ada di Kota Padang, 12 unit di antaranya tidak bisa beroperasi lagi karena telah dimakan usia, sementara terakhir kali pengadaan truk sampah di daerah itu dilakukan pada 2005.

Penambahan empat unit truk sampah pada 2012 diharapkan DKP Padang dapat mengatasi permasalahan pengangkutan sampah di daerah itu, sehingga kebersihan kota dapat dioptimalkan oleh petugas di lapangan.

"Kita berharap dengan penambahan empat unit truk sampah tahun depan setidaknya dapat lebih mengoptimalkan kerja petugas kebersihan di lapangan, sebagai pengganti 12 truk yang tidak lagi bisa beroperasi saat ini," jelas Wedistar.

Menurut dia, sebenarnya DKP Padang meminta penambahan sebanyak 10 unit truk sampah baru, namun karena anggaran yang disetujui hanya sebesar Rp1,5 miliar, diperkirakan hanya dapat membeli empat truk. (ANT-276/R014)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011