Dukungan pengurangan deforestasi dan degradasi hutan yang sedang berlangsung
Jakarta (ANTARA) - Kerja sama Indonesia dan Amerika Serikat untuk mendukung target penyerapan bersih karbon atau net sink di sektor kehutanan dan penggunaan lahan lain (forestry and other land use/FoLU) akan dilakukan dalam beberapa bidang termasuk dukungan pengurangan deforestasi, kata Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendoroyono.

Ditemui usai penandatanganan nota kesepahaman antara KLHK dan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) mendukung FoLU Net Sink 2030, Bambang menjelaskan bahwa kerja sama itu difokuskan pada ruang lingkup dukungan di bidang-bidang prioritas Rencana Operasional FOLU Net Sink 2030 Indonesia.

"Yang pertama dukungan pengurangan deforestasi dan degradasi hutan yang sedang berlangsung. Yang berikut pengelolaan hutan lestari untuk hutan alam dan hutan tanaman. Selanjutnya, rehabilitasi hutan dan lahan dan restorasi lahan gambut dan mangrove dan juga konservasi dan keanekaragaman hayati, termasuk perlindungan spesies unggulan," kata Sekjen Bambang dalam konferensi pers di Kantor KLHK, Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan bahwa nota kesepahaman mendukung tujuan FoLU Net Sink 2030 itu dilakukan mendukung visi jangka panjang Indonesia untuk mengimplementasikan rencana operasional rendah karbon 2030 untuk sektor kehutanan dan lahan.

Baca juga: KLHK terus percepat berbagai langkah dukung FoLU Net Sink 2030

Baca juga: KLHK dan USAID kerja sama dukung tercapainya FoLU Net Sink 2030


Bambang mengatakan Rencana Operasional FoLU Net Sink 2030 itu sejalan dengan strategi iklim dari USAID 2022-2030.

Implementasi kerja sama antara KLHK dan USAID itu akan meliputi kegiatan pertukaran informasi dan pengetahuan, pengembangan proyek bersama serta pelibatan dan kolaborasi pemangku kepentingan dalam kegiatan dan penelitian.

"Tentunya yang paling pokok adalah rencana-rencana aksi yang harus dilakukan dan nantinya semua yang dilakukan dalam kerja sama ini ada monitoring dan evaluasinya," jelas Bambang.

Baca juga: Indonesia FoLU Net Sink 2030 dinilai jadi cara tekan laju deforestasi

Baca juga: Indonesia menuju "net sink" karbon sektor FoLU 2030

 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022