Jakarta (ANTARA) - AptarGroup, Inc. bersama dengan Siklus mengumumkan sebuah kerja sama untuk mengembangkan solusi penyaluran yang inovatif dan mengurangi sampah plastik.

AptarGroup, Inc. adalah perusahaan global terkemuka dalam pengiriman dan pengemasan aktif untuk produk obat dan produk konsumen. Sementara Siklus adalah startup Indonesia yang mengantarkan isi ulang produk kebutuhan rumah tangga ke rumah konsumen.

Aptar akan memanfaatkan kemampuan teknisnya untuk menciptakan solusi pengeluaran yang cepat dan higienis untuk meningkatkan bisnis utama Siklus dalam mendistribusikan produk konsumen yang populer.

"Kerja sama ini juga menunjukkan nilai kami untuk bertindak secara etis dan bertanggung jawab menuju ekonomi sirkular yang mana kemasan dapat digunakan kembali dan didaur ulang," ujar Presiden dan CEO Aptar Stephen Tanda melalui keterangannya, Selasa.

Stephen menambahkan bahwa Aptar memiliki sejarah panjang dalam bekerja sama dengan pengusaha dan pengumuman hari ini menunjukkan bagaimana perusahaan seperti Siklus dapat memanfaatkan keunggulan dari kemampuan teknis Aptar.

Berdiri pada akhir 2020, Siklus mengurangi kemasan plastik sekali pakai dengan metode pengantaran produk isi ulang ke rumah konsumen dan menggunakan wadah milik konsumen.

Konsumen dengan mudah memesan melalui Aplikasi Siklus dan motoris akan datang ke alamat yang dituju. Metode tersebut dapat mengurangi penggunaan produk yang dikemas dalam saset dan pouch yang cukup banyak digunakan di Indonesia.

Siklus menargetkan untuk menciptakan ritel berkelanjutan yang dapat mengurangi sampah plastik. Bersama Aptar, keduanya akan berkolaborasi untuk menciptakan solusi pengeluaran yang unik untuk menciptakan kembali masa depan ritel dengan mengantarkan isi ulang produk konsumen - tanpa sampah plastik.

“Kami terus mengejar inisiatif untuk mengembangkan inovasi terbaik dan menargetkan startup yang mengembangkan teknologi yang dapat mencapai target keberlanjutan dan sirkular kami," ujar Presiden Aptar Beauty + Home Marc Prieur.

"Bagi kami, Siklus adalah pilihan yang cocok karena kami dapat menyediakan desain dan teknologi pengeluaran untuk memperluas jangkauan mereka tidak hanya di Asia, tetapi di seluruh dunia," tambah Presiden dari Aptar Asia Xiangwei Gong.

Sementara itu Founder dan CEO Siklus Jane von Rabenau mengatakan melalui kerja sama antara Siklus dengan Aptar, pihaknya dapat mengakses desain dan keahlian manufaktur untuk dispenser isi ulang.

"Siklus sangat bersemangat untuk berkolaborasi dengan Aptar dan mempercepat perjalanan kami menuju ritel masa depan - mengantarkan isi ulang produk konsumen tanpa sampah plastik," tutup Rabenau.

Baca juga: Faktor-faktor yang dapat memicu gangguan siklus haid

Baca juga: Pureco bekerja sama dengan Siklus, antarkan produk konsumen isi ulang

Baca juga: Pentingnya memahami siklus daur air

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022