San Francisco (ANTARA News) - Pionir internet AS,  Yahoo!, tengah mempertimbangkan mengurangi penyertaan sahamnya pada grup perusahaan bisnis online China bernama Alibaba dan melepaskan sahamnya pada Yahoo! Japan, lapor New York Times dan Wall Street Journal seperti dikutip AFP.

Kabar ini mengutip sejumlah sumber anonim yang menandakan Yahoo! mungkin membidik miliaran dolar AS dengan memangkas kepemilikannya di Alibaba sampai 15 persen dari sebelumnya 40 persen dan melepaskan 35 persen sahamnya di Yahoo! Japan.

Langkah ini akan membantu rencana perusahaan internet yang bintangnya tengah memudar ini dalam mengubah dirinya dari perusahaan mesin pencari online menjadi perusahaan media digital utama.

Nilai kapitalisasi saham Alibaba pada September lalu diperkirakan mencapai 13 miliar dolar AS.

Perusahaan yang berbasis di California ini menaruh sahamnya di Yahoo! Japan yang adalah perusahaan perdagangan terbuka di mana perusahaan internet Jepang Softbank menguasai saham mayoritas yang diperkirakan mencapai 6 miliar dolar AS.

Alibaba telah mengutarakan minatnya untuk mendapatkan kembali sahamnya dari Yahoo! yang secara terbuka berencana melego sahamnya di Yahoo! Japan.

Transaksi rumit ini akan merupakan transaksi bebas pajak, mengingat itu dikategorikan bukan sebagai penjualan saham.(*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011