Jakarta (ANTARA) - Kopi Kenangan bekerja sama dengan Grab dan SUNterra membuka gerai yang ditenagai solar panel pertama di Jalan RC Veteran Raya Bintaro, Jakarta Selatan.

Gerai tersebut diharapkan dapat menjadi gerakan transisi menuju energi "hijau" dengan proses produksi yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Buka 26 outlet dalam sepekan, Kopi Kenangan raih rekor MURI

"Hadirnya gerai terbaru Kopi Kenangan RC Veteran adalah bentuk kolaborasi kami dengan Grab dan SUNterra untuk mendukung proses industri di Indonesia yang lebih ramah lingkungan," kata CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata dalam siaran pers, Rabu.

"Baik Kopi Kenangan, SUNterra, dan Grab berharap inovasi ini dapat memotivasi kami dan juga pelaku industri lainnya untuk terus berkontribusi memaksimalkan pemanfaatan energi alternatif, salah satunya energi matahari, untuk Indonesia yang lebih ramah lingkungan,” lanjutnya.

Gerai Kopi Kenangan RC Veteran yang telah beroperasi sejak 21 April 2022 itu menggunakan 18 modul solar panel dengan berat mencapai 540 kilogram dan dapat mengubah tenaga matahari menjadi arus listrik yang digunakan mesin kopi. Sehingga, setiap gelas yang disuguhkan kepada pelanggan dihasilkan oleh energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Chief Executive Officer SUNterra Fanda Soesilo mengatakan, pihaknya sebagai perusahaan pengembang proyek solar panel berbasis digital mengapresiasi setiap langkah yang dilakukan oleh para pelaku usaha untuk beralih ke energi terbarukan.

Baca juga: Cerita Roti luncurkan kampanye "Perempuan dan Cerita Mereka"

"Penggunaan energi matahari sebagai sumber energi listrik dalam proses produksi merupakan bentuk kontribusi nyata yang menjadi salah satu solusi pengurangan dampak perubahan iklim," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Director of Jabodetabek Grab Indonesia Iki Sari Dewi. Diketahui, Grab sendiri telah melakukan berbagai inisiatif dan tindakan nyata untuk mendukung gaya hidup yang lebih berkelanjutan seperti pengurangan emisi CO2 sekaligus menjadi operator kendaraan listrik Ride-Hailing terbesar di Indonesia dengan 8.500 armada GrabElectric di delapan provinsi.

"Grab percaya bahwa perusahaan teknologi dapat berkontribusi untuk memberikan dampak berkelanjutan dalam bidang ekonomi dan lingkungan. Oleh karena itu Grab sangat bersemangat dapat mendukung proyek ini bersama dengan Kopi Kenangan dan SUNterra untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan mengajak mereka untuk ikut dalam gaya hidup yang lebih ramah lingkungan,” kata Iki.

Selain menjadi gerai dengan solar panel pertama, Kopi Kenangan RC Veteran juga menjadi gerai drive through pertama Kopi Kenangan di Jabodetabek sekaligus mengusung konsep stand alone building untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan setiap gelas Kopi Kenangan.


Baca juga: Isyana Sarasvati ungkap kesan satu proyek bareng Nicholas Saputra

Baca juga: Kopi Kenangan luncurkan produk kopi kemasan siap minum

Baca juga: Kopi Kenangan raih status "Unicorn" setelah peroleh pendanaan Seri C

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022