Merak (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Merak mengoperasikan 26 kapal roll on roll off (roro), untuk melayani penumpang dan kendaraan yang akan menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

"Hari ini kami mengoperasikan 26 kapal, dari 29 kapal roro yang sudah siap di Pelabuhan Merak," kata Pelaksana harian (Plh) Manager Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Didi Juliansyah, di ruang kerjanya, Sabtu.

Dia menjelaskan, pengoperasian 26 kapal roro, dakui masih belum maksimal, dan mengakibatkan antrean kendaraan sampai luar Pelabuhan Merak.

"Kami upayakan, antrean tidak terlalu panjang. Begitu kapal selesai bongkar muatan, kami langsung mengangkut kendaraan yang hendak menyeberang ke Bakauheni," katanya menambahkan. Ke 26 kapal roro yang beroperasi tersebut diantaranya, Jatra III, Mustika Kencana, Jatra II, Bahuga P, Windu Karsa Dwitya, Windu Karsa P.

Selain itu, Prima Nusantara, SMS Kertanegara, Nusa Dharma, Raja Basa, Mitra Nusantara, Dharma Kencana IX, Duta Banten, Royal Nusantara, Jagantara, Tribuana, Nusa Agung, Panorama.

Jatra I, HM Baruna, Gelis Rauh, Dharma Ferry IX, BSP 2, Bontang Exspress II, Rodhita dan Mufidah.

Pantauan di Pelabuhan Merak, terjadi antrean panjang kendaraan, sampai diluar Pelabuhan Merak. Panjang antrean kendaraan didominasi oleh truk. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011