Meningkatkan kapasitas SDM yang berkepribadian
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, menggandeng Universitas Terbuka (UT) meningkatkan sumber daya manusia (SDM) para Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya guru di daerah itu.

"Kami mempunyai misi, salah satunya meningkatkan kapasitas SDM yang berkepribadian dan berbudaya serta berdaya saing, " ujar Bupati Bolaang Mongondow Selatan, H Iskandar Kamaru SPt, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Kerja sama itu dituangkan dalam penandatanganan kerja sama antara UT dan Pemkab Bolaang Mongondow Selatan.

Ruang lingkup kesepakatan tersebut meliputi peningkatan kualitas sumber daya manusia, penyelenggaraan kegiatan ilmiah, seminar, lokakarya, workshop, dan sejenisnya, pengembangan kompetensi dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan dalam jabatan, pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan penelitian dan pengembangan masyarakat, pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa.

Baca juga: Mendikbudristek: UT jadi contoh dalam penerapan PJJ

Baca juga: UT sediakan beasiswa hingga Rp2 miliar untuk siswa lolos SNMPTN


Berikutnya, pemanfaatan bersama berbagai sumber daya, sharing data/open access penelitian atau perpustakaan, serta pelaksanaan Program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.

Dia menambahkan rencana kerja sama dengan berkunjung ke UT yang sudah lama digagas, namun baru terwujud karena konsisi pandemi. Ada dua hal yang digagas. Pertama, kerja sama dalam rangka peningkatan SDM untuk para audit, bimbingan teknis (bimtek), para guru Pendidikan anak usia dini (PAUD).

“Dari 257 guru, baru sebanyak 81 orang yang sarjana S1, sisanya sejumlah 176 guru belum S1. Para guru ini akan mengalami kendala di depan yaitu tidak bisa mengajar bila tidak menjadi sarjana. Untuk itu sekitar 100 lebih guru tersebut akan kuliah di UT,” kata Iskandar.

Kedua, kerja sama dalam peningkatan SDM untuk para aparatur, antara lain para Asisten Pemda dan para aparat desa yang perlu penyesuaian untuk peningkatan pendidikannya.
Dia menjelaskan target awal, untuk yang kuliah di program studi S1 PAUD, selanjutnya untuk yang kuliah S2 dan S3.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja sama UT, Rahmat Budiman, menyampaikan pesan Rektor UT untuk sama-sama berdampingan untuk mencerdaskan bangsa.

Tugas itu adalah tugas bersama, dan UT siap memberikan layanan terbaik untuk peningkatan SDM di Pemkab Bolaang Mongondow Selatan.

"Kami siap hadir di kantor Pak Bupati, sehingga kerja sama diharapkan makin erat,” kata Rahmat.

Pihaknya mengapresiasi atas kepercayaan Pemkab Bolaang Mongondow Selatan kepada Universitas Terbuka untuk menginisiasi stafnya berkuliah di UT. Beasiswa Tugas Belajar (TB) melalui APBN Pemkab Bolaang Mongondow Selatan pada S1 Program Studi Pendidikan Usia Dini (PAUD) akan diberikan kepada sebanyak 176 guru PAUD di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. 

Baca juga: UT terapkan RPL untuk capai target APK

Baca juga: UT gelar Akademi Kepemimpinan untuk hasilkan pemimpin masa depan


 

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022