Jakarta (ANTARA) - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan sebanyak 200 karya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dipamerkan dalam Karya Kreatif Indonesia 2022 secara langsung di Jakarta Convention Center.

"Secara fisik ada 200 UMKM yang dipamerkan dan secara virtual ada 500 UMKM," kata Perry Warjiyo dalam pembukaan KKI 2022 di Jakarta, Jumat.

KKI 2022 mengangkat tema "UMKM Indonesia Bangkit Melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan".

Dalam pameran ini BI bersinergi dengan 13 kementerian dan lembaga, 5 asosiasi usaha, 26 industri, perbankan, penyedia sistem pembayaran, eksportir, dan loka pasar untuk mendorong UMKM pulih dari dampak COVID-19.

Baca juga: Karya Kreatif Indonesia, Wapres apresiasi upaya BI kembangkan UMKM RI

UMKM juga didorong melakukan digitalisasi untuk mempermudah proses pemasaran, penjualan, dan transaksi keuangan, antara lain melalui QRIS dan BI-Fast.

Perry Warjiyo menyebut sebanyak 17,2 juta merchant sudah tersambung dengan QRIS dimana 90 persen di antaranya merupakan UMKM, sementara BI-Fast sudah memiliki 52 bank peserta sejak pertama diluncurkan pada Desember 2021 lalu.

"Mari kita dukung BI-Fast agar proses pembayaran untuk UMKM lebih cepat, tidak harus menunggu berhari-hari, sehingga arus kas terus meningkat. Itulah kebangkitan UMKM Indonesia," katanya.

BI juga terus mendorong UMKM yang telah dikurasi dalam KKI 2022 untuk mengekspor produk mereka dengan menyelenggarakan pertemuan bisnis dan pembiayaan ekspor.

"Ini tindak lanjut kami yang juga selalu melakukan acara-acara promosi-promosi perdagangan UMKM melalui 6 kantor perwakilan BI di seluruh dunia," kata Perry Warjiyo.

Baca juga: BI targetkan omzet UMKM capai Rp263,15 miliar pada Pekan KKI 2022

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022