Rotterdam (ANTARA News) - Pertandingan Piala Belanda antara Ajax Amsterdam melawan AZ Alkmaar yang dihentikan akan kembali dimainkan pada 19 Januari tanpa kehadiran penonton, demikian disampaikan oleh Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) pada Rabu.

Pertandingan pada 20 Desember antara kedua tim tersebut dihentikan pada menit ke-38, ketika seorang suporter Ajax masuk lapangan dan menyerang kiper Alkmaar, Esteban, yang kemudian dihukum kartu merah oleh wasit Bas Nijhuis untuk aksi kekerasannya terhadap sang suporter.

Pelatih Alkmaar, Jan Verbeek, kemudian memerintahkan para pemainnya untuk kembali ke kamar ganti, dan tim menolak untuk meneruskan pertandingan. Pihak Alkmaar beralasan kalau keselamatan mereka tidak dijamin oleh tuan rumah.

"Keputusan ini mudah dibuat, sebab kami hanya dapat memilih antara menyelesaikan pertandingan dan pertandingan ulang," kata direktur KNVB, Bert van Oostveen.

Kartu merah terhadap Esteban telah dibatalkan oleh KNVB pada Kamis lalu, sehingga ia dapat meneruskan pertandingan di mana Ajax telah memimpin 1-0.

Ajax juga didenda sebesar 10.000 euro karena membiarkan fans mereka masuk ke lapangan.
(H-RF)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011