Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Tambrin mendorong para siswa madrasah di daerah itu menjadi peneliti muda.

Muhammad Tambrin di sela kunjungannya di  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Banjarmasin, Jumat, para siswa di provinsi itu memiliki peluang untuk menjadi peneliti muda pada kegiatan Penguatan Riset bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Tahun 2022 yang diselenggarakan Kementerian Agama RI.

Menurut dia, siswa-siswi madrasah yang mengikuti kegiatan tersebut dapat menjadi peneliti muda yang baik, andal, dan beriman.

Baca juga: MTsN Ampukung juara sekolah sehat tingkat provinsi Kalsel

"Karena orang yang beriman dan berilmu pengetahuan akan diangkat Allah derajatnya, untuk itu lakukan penelitian dengan baik agar hasilnya bisa bermakna dan bermanfaat untuk institusi Kemenag, bangsa dan negara," ujarnya.

Kegiatan penguatan riset ini, kata Tambrin, bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian dan kepercayaan diri. Selain itu, keterampilan menyajikan gagasan ilmiah, baik secara lisan melalui presentasi maupun secara tertulis melalui karya ilmiah.

Dari kegiatan tersebut, katanya, diharapkan dapat melahirkan peneliti muda Indonesia yang mampu menjadi agen perubahan dalam menggerakkan potensi daerah masing-masing, meningkatkan nilai tambah, sehingga daerah memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi.

"Namun, harus diingat sebagai orang yang berilmu pengetahuan harus selalu menjaga akhlaknya dalam kehidupan sehari-hari, harus selalu hormat kepada guru, takzim kepada orang tua, sayang kepada teman, dan hormat kepada yang lebih tua," ucapnya.

Baca juga: Madrasah di Kalsel belum siap UN "online"

Baca juga: Kemenag Kalsel: dua pelajaran madrasah masih kurikulum 2013


Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Kesiswaan Direktorat KSKK Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI Nanik Puji Hastuti mengatakan Kalsel merupakan tempat pertama dilaksanakannya kegiatan penguatan riset bagi siswa Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah tahun 2022.

Nanik mengatakan tujuan kegiatan tersebut secara spesifiknya adalah menguatkan madrasah riset, menguatkan anak-anak dari aspek pembelajaran riset dan cara pandang terkait risetnya.

"Dari penguatan riset ini diharapkan akan menambah wawasan, pengetahuan juga bagaimana membudayakan pola berpikir anak-anak terkait berpikir kritis, inovatif dan dapat menuangkannya dalam sebuah karya ilmiah," ujarnya.

Pewarta: Sukarli
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022