Jakarta (ANTARA News) - Lalu lintas komunikasi sms, data, dan voice (telefon) layanan Axis naik sekitar 10 persen selama libur Natal 2011 dan Tahun Baru 2012 lalu.

Dalam sepekan terakhir hingga perayaan Tahun Baru, traffict Axis naik 10 persen dibanding hari-hari biasa, kata Chief Technology Officer Axis, Michael McPhail, di Jakarta, Rabu.

"Dibandingkan malam tahun baru 2011, tahun ini Axis mencatat kenaikan traffict yang signifikan yaitu lebih dari 120 persen untuk trafik layanan telepon, 260 persen untuk traffict data, dan 95 persen untuk trafik SMS," katanya.

Menurut dia, 2011 menjadi tahun yang sangat menantang untuk dapat menangani kenaikan signifikan traffict itu.

Michael menambahkan pihaknya berupaya membuat jaringan komunikasi tetap berfungsi baik tanpa ada kejadian berarti selama periode tahun baru dan pelanggan dapat menikmati semua layanan dengan optimal.

Sementara Chief Marketing Officer Axis, Daniel Horan, mengatakan, pihaknya melihat peningkatan besar pada traffict layanan dasar seperti SMS dan telepon pada tahun baru 2012 dibandingkan tahun sebelumnya.

"Perubahan yang paling besar adalah perpindahan besar-besaran ke penggunaan media sosial di jaringan kami untuk menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru melalui facebook, twitter, whats app atau BlackBerry Messanger," katanya.

Menurut dia, sebagian besar pelanggan justru lebih memilih menelepon dan atau menyampaikan ucapan selamatnya melalui berbagai situs media sosial.

Pihaknya telah menginvestasikan lebih dari satu miliar dolar AS pada pembangunan jaringan selama tiga tahun belakangan ini.

Tahun ini, perusahaan telah mencadangkan pendanaan sebesar 1,2 miliar dolar AS untuk memperluas jaringan dan kapasitasnya lebih lanjut, serta mengimplementasikan teknologi HSPA untuk menghadirkan layanan data terkini dan mobile broadband termasuk layanan telepon berkualitas tinggi.

Pihaknya juga sedang berupaya memprioritaskan modernisasi jaringan dan ekspansi sebagai penyusunan blok jangka panjang yang dibutuhkan untuk melanjutkan pertumbuhan dengan cepat pada proposisi layanan mobile Internet dan mobile broadband perusahaan.

(H016/A011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012