Kota Bengkulu (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan bahwa saat ini pihaknya mengejar capaian vaksinasi COVID-19 bagi kelompok lanjut usia (lansia) untuk dosis kedua dan dosis ketiga.
 
Herwan di Bengkulu, Jumat, mengatakan bahwa hal itu dilakukan karena vaksinasi dosis pertama untuk lansia mencapai 77 persen. Untuk dosis kedua baru mencapai 58 persen dan dosis ketiga hanya 15 persen.

Baca juga: Epidemiolog Unsoed: Vaksinasi penguat penting bagi lansia

"Oleh karena itu, kami meminta kepada seluruh Dinas Kesehatan kabupaten dan kota untuk mengejar capaian vaksinasi bagi lansia. Kami melaksanakan vaksinasi agar seluruh lansia di Provinsi Bengkulu aman dan terhindar dari penyebaran COVID-19," kata Herwan.
 
Dalam melakukan upaya percepatan vaksinasi bagi lansia, pihaknya berupaya mengejar capaian tersebut seperti melaksanakan vaksinasi massal dan jemput bola.

Baca juga: Vaksinasi pada lansia di 3 provinsi Pulau Jawa masih rendah

"Kami juga melakukan pelayanan kesehatan pada lansia agar mereka sehat dan produktif," kata Herwan.
 
Ia mengatakan pihaknya menargetkan sebanyak 1,5 juta warga Provinsi Bengkulu divaksin dan hingga saat ini capaian vaksinasi hampir memenuhi target.
 
Saat ini vaksinasi di Provinsi Bengkulu untuk dosis pertama mencapai 92,81 persen, dosis kedua 73,83 persen, dan dosis ketiga 13,42 persen.

Baca juga: Partisipasi orang dewasa jadi strategi percepat vaksinasi lansia
 
"Untuk capaian vaksinasi tertinggi di wilayah Provinsi Bengkulu, yakni Kabupaten Bengkulu Tengah dengan dosis pertama mencapai 101,38 persen, dosis kedua 82,68 persen, dan dosis ketiga 15,13 persen," katanya.

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022