Mamuju, 7/1 (ANTARA) - Pembangunan Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulbar di Kabupaten Majene, telah menelan anggaran Rp4,3 miliar.

Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, di Mamuju, Sabtu, mengatakan, sejak mulai dibangun pada tahun 2010, pembangunan kampus Unsulbar di Kabupaten Majene telah menelan anggaran Rp4,3 miliar.

Ia mengatakan, selain memberikan bantuan anggaran yang digunakan untuk membebaskan lahan dan untuk pembangunan gedung kampus Unsulbar itu, pemerintah di Sulbar juga memberikan bantuan kendaraan roda empat tiga unit dan Bus kepada pengelola Unsulbar.

Menurut dia, anggaran untuk pembangunan kampus Unsulbar itu mengunakan anggaran APBD Sulbar, karena anggaran APBN tidak bisa didapatkan pemerintah Sulbar karena kampus Unsulbar masih berstatus swasta.

"Pemerintah di Sulbar sejak tahun 2010 telah berupaya menjadikan kampus Unsulbar menjadi kampus negeri, dengan melaksanakan berbagai cara, diantaranya telah mendatangkan komisi X DPR-RI," katanya.

Kemudian juga mendatangkan Wakil Presiden untuk menyetujui penegerian Unsulbar dan hasilnya DPR-RI dan Wapres menyetujui penegerian kampus Unsulbar karena dianggap telah memenuhi syarat.

Penegerian Unsulbar tinggal menunggu Keputusan Presiden (Kepres) yang diperkirakan akan terbit Maret 2012.

"Upaya penegerian Unsulbar terus diupayakan pemerintah di Sulbar agar kampus Unsulbar menjadi kampus Negeri dan dapat menerima bantuan pendidikan dari pemerintah pusat sekitar Rp150 miliar per tahun, untuk digunakan membangun kampus tersebut," katanya.

Karena, lanjut Gubernur, pemerintah pusat pada tahun 2011 yang lalu telah menyepakati memberikan bantuan pendidikan untuk pembangunan kampus Unsulbar, namun terhalang status Unsulbar yang masih swasta sehingga bantuan itu ditunda diberikan.

"Bantuan pendidikan untuk Unsulbar dari pusat itu hanya akan mengalir ketika kampus Unsulbar berubah menjadi kampus negeri sehingga penegerian Unsulbar terus didorong pemerintah," katanya.

Menurut dia, untuk pembangunan Unsulbar tahun 2012 pemerintah di Sulbar akan kembali memberikan bantuan pembangunannya sekitar Rp5 miliar melalui APBD. (MFH/F003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012