Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman, Minggu di Jakarta membuka Rapat Kerja Sekretariat Jenderal DPD RI.

Rapat kerja mengagendakan evaluasi 2011, persiapan operasional dan lembaran kerja 2012 serta perencanaan program 2013.

Irman Gusman menegaskan, sinergi pimpinan lembaga dan alat kelengkapan, anggota dewan dan sekretariat jenderal adalah sangat penting. Diharapkan sebagai sistem pendukung, sekretariat juga punya tanggung jawab untuk mendorong daya respons atas persoalan masyarakat dengan memberikan dan menegaskan serta menjaga prosedur konstitusionalitas dan prosedur berpemerintahan yang tepat, termausk dalam hubungan dengan daerah.

Dia menegaskan juga bahwa untuk dedikasi yang tinggi dan harus profesional, jangan mau dipolitsir dan menggoyahkan integritas. "Harus ada motivasi dan percaya diri, jangan goyah serta terus menerus meningkatkan kemampuan teknis," katanya.

Yang penting juga semangat kerja dan rajin berinovasi karena sistem administrasi legislatif membutuhkan berbagai kesesuaian antara administrasi dan politik.

Ketua DPD RI juga meminta sekretariat jenderal untuk terus-menerus melakukan kajian atas berbagai kendala kelembagaan seperti penamaan yang ambigus dan agar setjen lakukan diskusi dengan para pakar dan juga diskusi dengan praktisi senator Malaysia, Filipina dan lain-lain.

Dalam rapat kerja juga ada ceramah dari Direktur Asian Studies The Heritage Foundtaion, Walter Lohman dari Washington DC, dengan thema. "the role of parliament to lead democracy ".

Dia menyatakan, intensifkan hubungan kerja setjen DPD dan setjen DPR untuk dukungan sisteml legislasi parlemen. Lakukan semua persiapan dukungan sarana kerja, kantor sementara daerah sebagai rumah aspirasi di seluruh Indonesia harus operasional.

"Jaga kekompakan seluruh jajaran. Setjen agar senantiasa menjaga integritas, dalam hubungan kerja dengan anggota dan staf ahli serta asisten anggota," katanya.

Sekjen DPD RI Siti Nurbaya menyatakan bahwa raker ini dibutuhkan sebagai instrumen dan mekanisme dukungan kerja bagi lembaga dewan. Juga mengharapkan agar jajaran setjen memahami arahan ketua dpd dan stick pada peran penting setjen sebagai pehngawal akurasi prosedur konstitusionalitas dan berpemerintahan serta kedaerahan.

Siti Nurbaya juga menekankan harapan Ketua DPD yang menyoroti pentingnya setjen mendukung kerjasama dengan media dan materi untuk media agar dibuat begitu rupa yang menarik utk pemberitaan.

"Tahun 2012 harus sebagai tahun sinergisme kerja pimpinan, anggota dan setjen DPD RI dan menjadi tahun kerja keras dan dengan ritme kerja yang tinggi," katanya.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012