Banyumas (ANTARA News) - Koperasi Serba Usaha (KSU) Partamas mengelola bioskop 4 Dimensi (4D) di Banyumas, Jawa Tengah.

"Kami sedang mengembangkan pengelolaan bioskop 4D di kawasan wisata Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah," kata Ketua KSU Partamas, Edy Purwanto, di Banyumas, Senin.

Ia mengatakan, sejak September 2011 pihaknya menjalin kerja sama dengan PT Mahaka (operator bioskop di Taman Mini Indonesia Indah/TMII) untuk mengembangkan bisnis layar lebar di lokawisata paling populer di Banyumas yakni Baturaden.

Saat ini bioskop yang bernama PRTMAS 4 Dimensi tersebut berada di dalam lokawisata Baturaden menempati area seluas 9x6 m2 dengan kapasitas 45 tempat duduk.

"Kami sudah memutar empat jenis film meliputi film berbasis hewan, makhluk antariksa, permainan anak, dan alam semesta," katanya.

Ketika Lokawisata Baturaden mengalami bulan-bulan panen (peak season), misalnya saat libur lebaran dan libur tahun baru belum lama ini, omzet bioskop akan mencapai Rp45 juta selama musim liburan.

Sejak mulai beroperasi sampai saat ini, ia memperkirakan, rata-rata omzet perbulan sebesar Rp15 juta.

Bisnis tersebut juga dinilainya memberikan dampak yang bagus bagi perkembangan koperasinya sekaligus mampu menyerap tenaga kerja 3 hingga 5 orang.

Di samping itu, kata Edy, pendirian bioskop juga memiliki misi edukasi bagi anak-anak sekolah sekaligus memberikan hiburan rakyat yang terjangkau dengan harga tiket hari biasa Rp10 ribu/orang dan harga tiket libur/hari besar Rp15 ribu/orang.
(H016)



Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012