Athena (ANTARA) - Kebakaran hutan hebat terjadi pada Sabtu (4/6) sore waktu setempat di wilayah pesisir selatan Athena, memicu respons besar dari dinas pemadam kebakaran (damkar) saat api mencapai area permukiman dan sejumlah warga harus dievakuasi.

Ditiup oleh angin kencang, api menyebar dengan cepat ke seluruh kaki bukit Gunung Hymettus di wilayah Glyfada dan Voula, yang mengancam area-area berpenduduk.
 
Layanan Perlindungan Sipil negara itu mengeluarkan peringatan darurat 112 kepada penduduk di daerah-daerah sekitar, mendesak mereka untuk mengungsi dari rumah-rumah mereka. Lebih dari 100 petugas damkar dibantu oleh enam pesawat damkar dan lima helikopter menjatuhkan berton-ton air dalam upaya memadamkan api.


Api mengakibatkan kerusakan parah pada empat rumah dan membakar sejumlah mobil, sementara satu petugas damkar menjalani perawatan di rumah sakit karena masalah pernapasan, menurut pihak berwenang.
 
Lebih dari 100 petugas damkar dibantu oleh enam pesawat damkar dan lima helikopter menjatuhkan berton-ton air dalam upaya memadamkan api


Yunani mengalami banyak kebakaran hutan setiap musim panas karena suhu tinggi dan praktik pembakaran.

Pada 2021, ratusan kebakaran di wilayah Athena yang lebih luas, semenanjung Peloponnese dan Pulau Evia di antaranya menghanguskan lebih dari 100.000 hektare hutan dan lahan pertanian menyusul gelombang panas terburuk di negara itu dalam beberapa dekade terakhir.

Pada 2018, sebanyak 102 orang tewas di resor pantai Mati, dekat Athena, dalam bencana kebakaran terburuk yang pernah terjadi di Yunani. 
 
 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022