Manado (ANTARA News) - Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono direncanakan membuka ASEAN Tourism Forum (ATF) di Gran Kawanua Convention Center (GKCC) Manado, Sulawesi Utara, 12 Januari 2012.

"Rencananya yang akan membuka ATF dan travel exchange (Travex) adalah pak wakil presiden," kata Sekretaris Panitia Lokal ATF, Haefrey Sendoh, di Manado, Selasa.

Sebelum forum menteri-menteri pariwisata ASEAN dilaksanakan, kata Sendoh, delegasi Vietnam, Malaysia, Singapura dan Korea serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Marie Elka Pangestu dan mitra dialog dari negara India dan Jepang akan datang hampir bersamaan.

"Direncanakan semua menteri pariwisata ASEAN sudah berkumpul dan akan menghadiri pertemuan tingkat menteri pada keesokan harinya," kata Sendoh.

Hingga Senin (9/1), kata Sendoh, sebanyak 178 dari 226 delegasi yang direncanakan datang sudah termasuk Indonesia telah berada di Manado guna mengikuti ATF.

Sedangkan sellers and buyers yang akan mengikuti Travex diperkirakan sebanyak 1.308 orang masing-masing terdiri 925 sellers dan 383 buyers.

"Provinsi Sulut sendiri menyiapkan 12 sellers akan mengisi enam stand dan enam booths," kata Sendoh.

Sendoh mengatakan sellers berasal dari negara anggota ASEAN, sedangkan buyers bisa berasal dari seluruh dunia tetapi termasuk juga negara-negara ASEAN.

Pemerintah daerah Sulut, berharap sellers dari daerah ini bisa membangun komunikasi dan proaktif dengan kegiatan yang ditawarkan ini sehingga memberikan nilai tambah.

"Tour operator akan berpasangan dengan hotel sehingga memudahkan terbangunnya komunikasi dengan buyers dan biasanya ketika buyers datang akan menanyakan kesiapan fasilitas akomodasi, bila tidak tersedia dan tidak memenuhi syarat, buyers kemungkinan besar tidak akan melakukan transaksi," kata Sendoh mencontohkan hal yang perlu diperhatikan pelaku di Manado.

Dia menambahkan, dampak langsung akan dirasakan ketika terbangun komunikasi antara buyers dengan sellers.

Sementara ditanya dampak langsung terhadap perekonomian Manado, kata Sendoh, cukup tinggi, dan ini akan terasa saat turis menginap di hotel dan makan di restoran yang ada di Manado, dan Pemerintah Kota Manado akan menikmati hasilnya dalam bentuk pajak hotel dan restoran," kata Sendoh.

Berkaitan dengan kunjungan wakil presiden untuk membuka ATF/Travex, maka terus dilakukan persiapan matang dengan menggelar rapat tertutup melibatkan instansi terkait pemerintah provinsi dan kota, aparat TNI/Polri serta pasukan pengamanan di Ruang Mapaluse Kantor Gubernur Sulawesi Utara.
(T.G004/R010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012