Jakarta (ANTARA) - Direktur Survey dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mengatakan bahwa hasil survei yang ia lakukan bersama lembaganya menunjukkan isu lapangan pekerjaan menjadi perhatian bagi generasi Z dan milenial pada Pemilu 2024.

“Isu-isu mengenai lapangan pekerjaan merupakan salah satu isu yang diinginkan oleh generasi Z dan milenial dari Calon Presiden 2024 berikut,” kata Igor ketika menyampaikan hasil survei dalam Ekspos Survei Nasional Kepemimpinan Nasional 2024 yang disiarkan di platform Zoom Meeting dipantau dari Jakarta, Senin.

Kesimpulan tersebut berdasarkan hasil survei yang menunjukkan bahwa sebesar 84,1 persen responden yang berasal dari generasi Z dan milenial berharap Calon Presiden 2024 lebih melibatkan generasi muda dalam pembangunan bangsa, utamanya dalam penciptaan lapangan kerja sesuai dengan generasi mereka.

Baca juga: Transisi energi jadi penggerak dalam menciptakan lapangan pekerjaan

Di sisi lain, perhatian generasi muda terkait dengan isu ini memiliki hubungan dengan hasil survei kepuasan generasi muda terhadap Kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Meskipun sebanyak 44,8 persen responden menyatakan puas dengan penciptaan lapangan pekerjaan pada masa pemerintahan Jokowi, sebanyak 30,9 persen responden menyatakan tidak puas dan 24,3 persen menyatakan tidak tahu.

Angka tersebut, menurut Igor, menunjukkan pentingnya isu mengenai lapangan pekerjaan. Terlebih, kepuasan mengenai penciptaan lapangan pekerjaan menempati posisi terakhir apabila dibandingkan dengan 12 isu lainnya.

Baca juga: Pakar sebut ada kesenjangan pada lapangan pekerjaan Tanah Air
Baca juga: Desa Wisata Kemenparekraf ciptakan peluang kerja bagi 1,7 juta orang


“Mungkin karena mereka memikirkan tentang masa depan dan lain sebagainya,” kata Igor.

Oleh karena itu, kata dia, penting bagi para calon presiden selanjutnya untuk membahas mengenai isu lapangan pekerjaan dan bagaimana mereka akan melibatkan generasi muda dalam pembangunan bangsa.

“Mereka mengharapkan Capres 2024 yang bisa menjamin masa depan mereka, misalnya seperti isu ketersediaan lapangan pekerjaan. Jadi, Gen Z dan milenial ini butuh pekerjaan buat masa depan dan berharap perekonomian Indonesia membaik,” tuturnya.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022