Untuk kuartal kedua tahun ini kami ditargetkan mampu menyalurkan 41 persen dari 226 ribu unit rumah. Alhamdulillah saat ini sudah mencapai 85 persen dari target kuartal II. Kami optimistis, angka itu akan mampu kami lewati
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menyalurkan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) senilai Rp9,09 triliun atau untuk pembiayaan sebanyak 81.846 unit rumah hingga 3 Juni 2022.

Komisioner BP Tapera, Adi Setianto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin, mengatakan untuk target pembiayaan di kuartal II-2022 (April-Juni), pihaknya sudah menyelesaikan 85 persen dari target yang ditetapkan pemerintah.

“Untuk kuartal kedua tahun ini kami ditargetkan mampu menyalurkan 41 persen dari 226 ribu unit rumah. Alhamdulillah saat ini sudah mencapai 85 persen dari target kuartal II. Kami optimistis, angka itu akan mampu kami lewati,” kata Adi dalam Penandatangan Tripartit antara BP Tapera, PT Sarana Multigriya Finansial Persero dan Bank Kalteng tentang Pertukaran Informasi Data Penyaluran Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera.

Adi Setianto menyampaikan bahwa saat ini minat masyarakat terhadap dana FLPP cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya bank penyalur yang mengajukan pencairan dana FLPP.

Namun, ia mengingatkan penyaluran dana FLPP tidak dapat sembarangan karena memperhatikan ketepatan sasaran dan kualitas bangunan.

“Kami fokus pada ketepatan sasaran, kualitas bangunan dan perbaikan proses bisnis dengan melibatkan perbankan dan pengembang. Semua ini kami lakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas layanan terhadap masyarakat,” kata Adi.

BP Tapera, kata Adi, telah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan sebagai lembaga penyalur FLPP untuk memberikan hunian yang layak dan terjangkau.

"Dalam rangka pengelolaan dana FLPP, BP Tapera menerapkan manajemen risiko dan pengendalian internal sesuai dengan peraturan perundang-undangan untuk mengelola dana FLPP baik terkait karakteristik risiko, risiko investasi, maupun pemilihan instrumen pengelolaan dana FLPP," kata Adi.


Baca juga: BP Tapera: Capaian penyaluran FLPP kuartal I 2022 lampaui target

Baca juga: BP Tapera optimistis bisa salurkan dana FLPP 2022 sebesar 226.000 unit

Baca juga: Pengembang rumah kembali bangkit di tahun 2022


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022