Algiers (ANTARA) - Aljazair telah menangguhkan perjanjian persahabatan, hubungan bertetangga baik, dan kerja sama yang telah berusia 20 tahun dengan Spanyol, menurut laporan media pemerintah negara itu pada Rabu (8/6).

Sejauh ini belum ada alasan yang disampaikan atas keputusan tersebut, yang diambil oleh dewan keamanan tertinggi Aljazair.

Ketegangan membara antara Aljazair dan Madrid atas komentar Spanyol baru-baru ini mengenai Sahara Barat. Spanyol telah bersikap lebih dekat kepada Maroko terkait konflik di Sahara Barat.

Pada April, gerakan kemerdekaan Sahara Barat Front Polisario yang didukung Aljazair mengatakan pihaknya memutuskan hubungan dengan Spanyol setelah Madrid mendukung rencana Maroko memberikan otonomi kepada bekas jajahan Spanyol itu.

Aljazair adalah pemasok utama gas ke Spanyol. Aljazair diperkirakan akan meninjau harga untuk setiap kontrak gas baru dengan perusahaan Spanyol, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada Reuters.

Aljazair dan Spanyol saat ini memiliki kontrak gas jangka panjang dengan harga jauh di bawah tingkat pasar sekarang ini, kata narasumber yang enggan disebutkan namanya kepada Reuters.

Sumber: Reuters

Baca juga: Sekjen PBB prihatin dengan peningkatan ketegangan di Sahara Barat

Baca juga: Rusia usir 85 diplomat Prancis, Spanyol, dan Italia


 

Garda Sipil Spanyol temukan koleksi ilegal satwa diawetkan

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022