Manado (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wardiyatmo menutup pelaksanaaan ASEAN Tourism Forum, berlangsung 8-15 Januari 2012, di Manado, Sulawesi Utara.

"Kami memohon maaf apabila selama pelaksanaan ASEAN Tourism Forum (ATF) ada kekurangan," kata Wardiyatmo saat menutup ATF yang dipusatkan di Sutan Raja Hotel, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut), Minggu malam.

Wardiyatmo kemudian menginformasikan Forum Pariwisata ASEAN tahun 2013 akan diadakan di Vientiane, Laos pada tanggal 17-24 Januari 2013.

Pada pelaksanaan ATF di Laos telah disepakati tema yaitu "ASEAN: Hand in Hand, Conquering Our Future". Sedangkan tema ATF tahun 2012 yaitu "ASEAN Tourism for a Global Community of Nations".

Senada, Gubernur Sulut, Sinyo Sarundajang juga mengungkapkan, maaf apabila selama pelaksanaan forum pariwisata di Manado ada kekurangan.

Meski demikian, kata Sarundajang, Sulut sebagai tempat pelaksanaan acara ini telah berbuat maksimal sehingga selama sepekan, 8-15 Januari 2012 kegiatan ATF bisa berjalan baik.

Sarundajang mengatakan, forum yang dilaksanakan di awal tahun ini akan menjadi pemicu semangat menggelar semakin banyak konferensi bertaraf nasional dan internasional di daerah itu.

Sebab , semua akomodasi hotel, gedung-gedung pertemuan, transportasi serta keelokan potensi wisata Sulut yang tidak ada di belahan dunia lain, siap menjamu tamu yang berkunjung ke daerah ini.

Apalagi, kata Sarundajang, Manado, Sulut telah menjadi salah satu dari beberapa kota di Indonesia yang dijadikan sebagai kota tujuan digelarnya meeting, incentive, conference and exhibition (MICE).

"Kesuksesan Sulut menggelar konferensi dan kegiatan setiap tahun juga tidak lepas dari kesiapan penataan ruang kota, kebersihan serta keramahan dan kenyamanan yang ditunjukkan. Jangan ragu datang ke Sulut," kata Sarundajang.

Penutupan ATF ditampilkan atraksi kesenian daerah tersebut, dan ditutup atraksi kesenian dari negara Laos yang akan menjadi penyelenggara ATF tahun depan.

Berikut menteri-menteri pariwisata ASEAN dan mitra dialog yang mengikuti ATF di Manado.

Prof DR Pehin Dato Yahya, Menteri Perindustrian dan Sumberdaya Primer, Brunei Darussalam, Dr Thong Khon, Menteri Pariwisata Kamboja, Lin Shan, Direktur Jenderal Administrasi Pariwisata Nasional China, DR Marie Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Shuji Ikeguchi, Senior Wakil Menteri Pertanahan Infrastruktur Transportasi dan Pariwisata Jepang, DR Mo Chul Min, Wakil Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Republik Korea.

Prof DR Bosengkham Vongdara, Menteri Informasi Kebudayaan dan Pariwisata Laos, Dato `Sri Dr Ng Yen Yen, Menteri Pariwisata Malaysia, Htay Aung, Wakil Menteri Hotel dan Pariwisata Myanmar.

Ramon R. Jimenez, Sekretaris Pariwisata Filipina; S. Iswaran, Menteri Kedua untuk Departemen Perdagangan dan Industri Singapura, Sombat Kuruphan, Wakil Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand, Ho Anh Tuan, Wakil Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Vietnam dan DR Surin Pitsuwan, Sekretaris Jenderal ASEAN.
(T.J009/A034)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012