Jakarta (ANTARA) - Forward gaek Golden State Warriors Draymond Green mengatakan timnya gagal mengganggu kenyamanan Boston Celtics dalam Gim 3 Final NBA yang disebutnya menjadi penyebab kekalahan 100-116 di TD Garden, Massachusetts, Rabu (8/6) waktu setempat.

Celtics memang tampil relatif nyaman sejak awal laga dan mendominasi paruh pertama pertandingan, bahkan sempat memimpin sejauh 18 poin di pertengahan kuarter kedua.

Warriors memperlihatkan keahlian mereka sebagai spesialis penguasa kuarter ketiga dan sempat berbalik unggul 83-82, tapi Celtics segera menemukan ritme terbaik lagi untuk menutup periode itu dengan skor 93-89.

Celtics lantas mengawali kuarter keempat dengan raupan poin 9-2, sebelum Green sendiri terlibat dalam masalah yang menyulitkan Warriors karena terkena foul out pada sisa waktu empat menit tujuh detik, melempangkan jalan tuan rumah mengunci kemenangan.

"Ketika Anda membiarkan sebuah tim menemukan rasa nyaman, terlebih saat mereka main di kandang sendiri, di depan pendukungnya sendiri, itu akan menyulitkan Anda," kata Green selepas pertandingan dikutip dari situs resmi NBA, Kamis.

Kenyamanan yang dimaksud Green antara lain terlihat dari dominasi Celtics dalam perolehan poin di paint area berupa 52-26 serta penguasaan rebound 47-31.

Warriors juga mendapat permasalahan lain ketika Stephen Curry, yang jadi mesin angka utama dengan raihan total 31 poin, terlihat meringis kesakitan setelah situasi perebutan bola hanya beberapa saat sebelum Green terkena foul out.

Curry akhirnya bisa melantai lagi, tapi ditarik keluar oleh pelatih kepala Steve Kerr pada sisa waktu dua menit.

Kerr menegaskan bahwa keputusannya itu bukan karena kondisi cedera Curry, melainkan karena ia sadar marjin ketertinggalan 14 poin tak akan terkejar dan ia memilih untuk memberi waktu istirahat lebih bagi bintangnya tersebut.

"Bukan cedera yang membuatnya keluar, saya sengaja menariknya karena selisih 14 poin dalam dua menit tidak mungkin kami kejar," ujar Kerr.

Warriors yang kini tertinggal 1-2 dihadapkan pada tantangan mengatasi statistik yang tak memihak kepada mereka.

Menurut situs resmi NBA, dalam 39 situasi dua tim bergantian menang di dua gim pertama sebuah seri final, 82 persen pemenang gim ketiga berakhir menjadi juara.

Warriors bakal berusaha menyamakan kedudukan seri saat dijamu Celtics lagi di TD Garden untuk Gim 4 pada Jumat (10/6) waktu setempat.


Baca juga: Kepercayaan para pemain Celtics jadi bahan bakar performa Jayson Tatum
Baca juga: Dibayangi cedera, Stephen Curry yakin bisa bela Warriors di Gim 4
Baca juga: Statistik Gim 3 Final NBA, Celtics mendominasi "paint area"

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022