Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Kesehatan Haji, Budi Sylvana mengingatkan agar jamaah calon haji tidak lupa minum dan jangan takut beser (sering buang air kecil) karena cuaca yang panas di Arab Saudi kelembabannya sangat rendah dan penguapan tinggi.

"Pesan kami ke jamaah, minum jangan tunggu haus dan jangan takut beser, karena disana kita tidak berkeringat dan tidak terasa haus," kata Budi di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Jamaah calon haji diingatkan untuk batasi aktivitas luar ruangan

Budi mengatakan hal tersebut karena ada jamaah haji yang takut untuk minum karena khawatir akan sering buang air kecil, sehingga mengganggu waktu ibadah di Tanah Suci terutama saat di Masjidil Haram.

Padahal, karena cuaca yang panas mencapai lebih dari 40 derajat Celsius, jamaah akan rentan mengalami dehidrasi. Selain itu, kelembaban udara di Arab Saudi sangat rendah sekitar empat persen.

Dia mengatakan cuaca di Indonesia berbeda dengan Arab Saudi, dimana kelembaban di Indonesia sangat tinggi berbeda dengan di Tanah Suci.

Baca juga: Jamaah calon haji diingatkan jaga kesehatan selama di Mekkah

Baca juga: Calon haji alami kaki melepuh akibat cuaca panas Arab Saudi


Jika sudah mengalami dehidrasi, akan berdampak pada kesehatan mulai dari linglung, demensia bahkan sampai gejala serius.

Ia menyarankan agar jamaah sering minum minimal satu jam sekali satu gelas atau dua hingga tiga liter per hari.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022