Frankfurt (ANTARA News) - Bank Sentral Eropa, Senin mengatakan, pihaknya meningkatkan lebih dari tiga kali lipat pembelian obligasi negara zona euro pada pekan lalu, karena berusaha untuk menutup biaya pinjaman anggota blok yang didera krisis.

ECB membeli 3,76 miliar euro (4,76 miliar dolar AS) obligasi dari negara-negara zona euro di pasar sekunder, dibandingkan dengan 1,10 miliar euro minggu sebelumnya, lapor AFP.

Namun demikian, volume tetap moderat dibandingkan dengan jumlah yang dibeli musim panas lalu. Pada Agustus, ECB membeli obligasi senilai 22 miliar euro dalam satu minggu.

Seperti biasa, ECB tidak menyebutkan secara rinci obligasi negara mana yang dibeli tersebut.

Bank kini telah membeli total 217 miliar euro obligasi pemerintah zona euro sejak pertama kali memulai operasi kontroversial tersebut pada 2010 sebagai bagian dari upaya untuk meredakan ketegangan utang dalam blok 17-negara.

Pihaknya memulai kembali pembelian besar pada Agustus ketika ketegangan baru mendorong suku bunga pinjaman Italia dan Spanyol ke tingkat yang tidak berkelanjutan, tetapi pembelian telah jatuh tajam dalam dua minggu terakhir.

Beberapa pemerintah Eropa telah menempatkan tekanan pada ECB untuk meningkatkan program pembelian obligasinya, dipandang oleh beberapa sebagai sebuah kemungkinan solusi untuk mengatasi krisis utang.

Tetapi Presiden ECB Mario Draghi telah tetap bertahan pada jalur resmi, mengulangi kepada wartawan pada Kamis bahwa program ini terbatas dan sementara. (A026/B012)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012