Jakarta (ANTARA) - Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meninggal dunia di Sungai Aare, Swiss, dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, pada Minggu (12/6) pukul 15.45 WIB.

Menurut Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha, jenazah Eril diterbangkan dari Bandara Zurich, Swiss, pada Sabtu pukul 10.10 waktu setempat (15.10 WIB).

“Jenazah Ananda Eril akan diterbangkan dalam satu flight dengan Bapak Ridwan Kamil beserta keluarga,” kata Judha dalam konferensi pers secara daring, Sabtu.

Setibanya di Tanah Air, jenazah Eril akan langsung dibawa ke Bandung melalui jalan darat untuk kemudian dimakamkan.

“Kita doakan bersama kiranya proses pemulangan jenazah Ananda Eril dapat berlangsung lancar hingga nanti proses pemakaman,” ujar Judha.

Rencananya, jenazah Eril akan dimakamkan di lahan keluarga besar Ridwan Kamil yang terletak di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Lahan keluarga itu merupakan lokasi yang rencananya bakal dibangun Islamic Center oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sejak tahun 2019. Lokasinya berada di Jalan Raya Pangalengan, sekitar lima kilometer dari Alun-Alun Banjaran.

Sebelumnya, Eril dinyatakan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022. Menurut pernyataan Polisi Bern, pemuda 22 tahun itu mengalami situasi darurat saat berenang di sungai tersebut.

Jenazahnya baru ditemukan di cekungan bendungan air Engehalde, Bern, pada Rabu pagi (8/7) sekitar pukul 06.50 waktu setempat, 14 hari setelah pencarian.

Baca juga: Jasad putra Ridwan Kamil ditemukan oleh guru SD perempuan
Baca juga: Polri kawal kepulangan jenazah Eril hingga kepemakaman
Baca juga: Untuk makam Eril, lahan keluarga di Cimaung Bandung mulai disiapkan


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022