Jakarta (ANTARA) - Dalam pekan ini ada warta mengenai penyediaan layanan jalur cepat bagi jamaah haji, penurunan mutu udara Jakarta, pemakaman anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, peningkatan cakupan vaksinasi COVID-19, dan kabar tentang mimpi Muhammad Qasim yang menjadi viral di media sosial

Informasi-informasi tersebut dapat disimak kembali dalam ringkasan berita berikut.

Jamaah haji Indonesia menikmati layanan jalur cepat

Jamaah calon haji Indonesia menikmati layanan imigrasi jalur cepat sehingga tidak harus mengantre dalam waktu lama untuk menyelesaikan urusan keimigrasian setelah tiba di Arab Saudi. "Secara umum fast track (layanan jalur cepat) yang sudah dilakukan sangat bagus. Ini mengurangi rasa kelelahan jamaah setelah di dalam penerbangan pesawat selama sembilan sampai 10 jam," kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi 1443 H/2022 M Arsad Hidayat.

BMKG jelaskan penyebab penurunan mutu udara Jakarta

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Klimatologi BMKG Urip Haryoko menjelaskan bahwa konsentrasi PM2.5 yang dalam beberapa hari terakhir mencapai level 148 µg/m3 di wilayah DKI Jakarta menunjukkan penurunan mutu udara ke tingkat yang tidak sehat. "Tingginya konsentrasi PM2.5 dibandingkan hari-hari sebelumnya juga dapat terlihat saat kondisi udara di Jakarta secara kasat mata terlihat cukup pekat/gelap," kata Urip.

48,8 warga sudah mendapat vaksinasi dosis ketiga

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan jumlah warga yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau vaksinasi penguat pada Sabtu sebanyak 48.844.513 orang, bertambah 151.364 orang dari hari sebelumnya. Sementara warga yang sudah dapat vaksinasi dosis kedua atau dosis lengkap tercatat 168.429.070 orang dari 208.265.720 warga yang jadi sasaran vaksinasi.

Ridwan Kamil sampaikan cerita tentang Eril usai pemakaman

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menyampaikan sepenggal cerita tentang anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, seusai prosesi pemakaman di Kampung Geger Beas, Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Senin. Selain itu, k​​​​​​Keluarga Ridwan Kamil meminta warga tidak mengganggu privasi Geraldine, yang melaporkan penemuan jenazah Eril di Bendungan Engehalde, Kota Bern, Swiss.

Heboh trending topik #MimpiMuhammadQasim di Indonesia

Kabar mengenai mimpi Muhammad Qasim bin Abdul Karim menghebohkan dunia Twitter Indonesia. Puluhan ribu cuitan disampaikan mengenai mimpi pria Pakistan perihal peringatan-peringatan dari Rasulullah SAW dan Allah SWT.


 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022