Banda Aceh (ANTARA) - Polda) Aceh dan jajaran mengerahkan 625 personel untuk Operasi Patuh Seulawah 2022 dengan menyasar pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, Komisaris Besar Polisi Dicky Sondani, di Banda Aceh. Senin, mengatakan, Operasi Patuh Seulawah 2022 berlangsung 13 hingga 26 Juni 2022.

"Sebanyak 625 personel dilibatkan dalam Operasi Patuh Seulawah 2022. Selain dari Polri, personel yang terlibat dalam operasi patuh juga dari TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Jasa Raharja, serta instansi terkait lainnya," kata dia.

Baca juga: 3.070 personel gabungan dikerahkan untuk Operasi Patuh Jaya 2022

Ia mengatakan target operasi patuh adalah pengendara kendaraan bermotor yang melanggar aturan seperti tidak memakai helm, tidak menggunakan sabuk pengaman maupun pelanggaran tilang elektronik, dan lainnya.

Perwira menengah Polda Aceh jtu mengatakan operasi digelar untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap keamanan dan ketertiban berlalu lintas di jalan raya.

Baca juga: Lawan arus jadi perhatian Polresta Bogor Kota saat operasi patuh

Ia mengatakan kecelakaan lalu lintas di Aceh periode Januari hingga Mei 2022 sebanyak 1.482 kejadian. Adapun korban meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut sebanyak 285 orang.

"Sedangkan korban luka berat sebanyak 285 orang, luka ringan mencapai 2.215 orang dengan kerugian mencapai Rp2,7 miliar," kata dia.

Baca juga: Kakorlantas tekankan Operasi Patuh Jaya demi lindungi masyarakat

Selain penegakan hukum, kata dia, operasi patuh juga dirangkai dengan sosialisasi dan edukasi tertib berlalu lintas. Tujuan agar kesadaran masyarakat berlalu lintas meningkat, sehingga angka pelanggaran dan kecelakaan di jalan raya bisa berkurang.

"Kami berharap dengan Operasi Patuh Seulawah ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mematuhi tata tertib di jalan raya dan peraturan lalu lintas," kata dia.

Baca juga: Polres Jakarta Barat gelar Operasi Patuh Jaya di tiga titik

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022