Denpasar (ANTARA) - PT PLN (Persero) menyiapkan cadangan listrik berupa genset dan alat penyedia listrik bebas gangguan uninterruptible power supply (UPS) demi memastikan tidak ada pemadaman selama kegiatan Pesta Kesenian Bali (PKB) berlangsung pada 12 Juni –10 Juli 2022.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Wayan Udayana menjelaskan cadangan listrik itu disiagakan di beberapa lokasi acara, di antaranya Chandra Art Center, dan Monuman Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi.

Ia menyebut pasokan listrik cadangan yang disiagakan PLN UID Bali terdiri atas Uninterruptible Power Supply (UPS) berkapasitas 250 kVA dan 100 kVA sebanyak 7 unit, genset berkapasitas 250 kVA dan 100 kVA sebanyak 3 unit.

“Jika terdapat gangguan, cadangan ini secara otomatis mengambil alih sehingga penyaluran tenaga listrik tetap berjalan,” kata Udayana sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya yang diterima di Denpasar, Senin.

Tidak hanya menyiagakan alat pemasok cadangan listrik, PLN juga mengerahkan 218 personel di sejumlah titik prioritas, di antaranya termasuk lokasi acara dan gardu listrik terkait seperti Gardu Hubung Tohpati dan Gardu Induk Sanur di Denpasar.

“Personel dan peralatan kami selalu siap mendukung acara PKB sebulan penuh. Pola pengamanan juga sudah disiapkan mengacu pada SOP (standar prosedur operasional, red.), yang telah disusun sehingga dapat dipastikan listrik aman dan andal,” kata Udayana.

Ia lanjut menjelaskan pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan mulai dari pembangkit sampai jaringan distribusi sebelum acara berlangsung.

“Kami memastikan pelaksanaan pemeliharaan baik di sisi pembangkit, transmisi, gardu induk, termasuk jaringan distribusi sudah dilaksanakan sebelum pelaksanaan siaga sehingga saat kegiatan berlangsung seluruh kegiatan pemeliharaan ditunda atau ditiadakan kecuali jika terdapat urgensi untuk perbaikan karena gangguan,” kata General Manager PLN UID Bali.

Ia menyampaikan PLN siap menjadi bagian dari penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali yang merupakan acara seni dan budaya terbesar di Pulau Dewata.

“PKB kali ini akhirnya dapat diselenggarakan dengan semarak setelah 2 tahun sebelumnya tidak berjalan maksimal karena pandemi. Oleh karenanya, PLN ingin menjadi bagian penting yang mendukung kesuksesan acara sebulan penuh dengan memastikan listrik aman selama kegiatan berlangsung,” kata Udayana.

Ia juga meminta masyarakat turut aktif melaporkan kepada PLN apabila menemukan tanda-tanda kerusakan atau gangguan listrik melalui telepon 123 dan aplikasi PLN Mobile.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022