Jakarta (ANTARA) - Pelatih kepala Golden State Warriors Steve Kerr meyakini bahwa kedalaman roster timnya dapat menutupi kekurangan Stephen Curry, ketika bintang berusia 34 tahun itu harus menjalani performa yang tak gemilang.

Hal serupa sudah dibuktikan langsung ketika Warriors mengalahkan Boston Celtics 104-94 dalam Gim 5 Final NBA di Chase Center, San Francisco, Senin (13/6) waktu setempat.

Di pertandingan itu, Curry "hanya" mampu menyumbangkan 16 poin bagi Warriors dan untuk pertama kalinya dalam 133 pertandingan playoff ia gagal mencetak satu pun tembakan tripoin.

Andrew Wiggins keluar jadi pahlawan utama yang menutupi kekurangan Curry di gim ini, dengan mengemas 26 poin dan mengamankan 13 rebound.

Klay Thompson menambahkan 21 poin, yang seluruhnya ia peroleh lewat keberhasilannya melesakkan tujuh dari 14 percobaan tripoin.


Baca juga: Rekor tripoin Stephen Curry berakhir di Gim 5
Baca juga: Andrew Wiggins pimpin Warriors atasi Celtics 104-94 di Gim 5



Sementara Gary Payton dan Jordan Poole yang turun dari bangku cadangan masing-masing menyumbang 15 dan 14 poin. Poole bahkan sempat membakar semangat publik Chase Center lewat tripoin buzzer-beater yang ia lesakkan bersamaan dengan bel bubaran kuarter ketiga.

"Saya pikir Steph mungkin akan mengalami pertandingan semacam ini," kata Kerr selepas pertandingan seperti dilansir Reuters, Selasa.

"Dia selalu menembak dengan baik, sehingga di satu titik di akan mengalami malam berat seperti ini. Tapi kami memiliki talenta dan kedalaman yang cukup untuk mengatasi keadaan, dan mereka melakukan pekerjaan baik malam ini," ujarnya menambahkan.

Khusus untuk Wiggins, Kerr melontarkan pujian tersendiri bagi pemain yang baru bergabung dengan Warriors lewat skema barter dari Minnesota Timberwolves pada tenggat transaksi Februari 2020.

Tak hanya menyumbangkan 26 poin, Wiggins juga bekerja keras menggalang pertahanan Warriors termasuk mengawal bintang utama Celtics Jayson Tatum.

"Sepanjang playoff dia mengamankan bola rebound dengan baik," kata Kerr.

"Saya pikir itu hanya tentang apa yang dibutuhkan. Dia punya sederet pemain veteran yang kami butuhkan darinya, dan dia hanya menggunakan keatletisannya dalam banyak cara berbeda," tambah Kerr.

Kemenangan kali ini membuat Warriors untuk pertama kalinya sepanjang final musim ini mampu memegang keunggulan seri atas Celtics 3-2.

Berbarengan dengan itu, kenaikan level performa para pemain lain selain Curry juga mengembangkan harapan bagi Warriors untuk mengunci gelar juara saat bertandang ke markas Celtics di TD Garden, Massachusetts, dalam Gim 6 pada Kamis (16/6) waktu setempat.


Baca juga: Memphis Grizzlies perpanjang kontrak pelatih kepala Taylor Jenkins
Baca juga: Statistik Gim 5 Final NBA: Efisiensi serangan Celtics memburuk

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022