Kami memiliki keyakinan penuh bahwa Taylor akan membawa Memphis merasakan gelar juara pertama kalinya
Jakarta (ANTARA) - Memphis Grizzlies pada Selasa WIB mengumumkan kesepakatan perpanjangan kontrak pelatih kepala Taylor Jenkins dengan durasi yang tidak diungkap secara rinci.

"Taylor telah melakukan pekerjaan luar biasa memimpin tim kami dan perpanjangan kontrak ini pantas didapatnya," kata Wakil Presiden Eksekutif Operasional Bola Basket sekaligus General Manager Grizzlies, Zachary Z. Kleiman, dalam situs resmi tim NBA tersebut.

"Kemajuan dari tahun ke tahun di bawah Taylor sudah berbicara dengan sendirinya, tetapi pendekatannya yang berorientasi pada pertumbuhan, tanpa pamrih dan kompetitif telah menjadi pendorong pembentukan budaya tim yang bekelanjutan."

Baca juga: Warriors ke final Wilayah Barat seusai sisihkan Grizzlies lewat Gim 6

"Kami memiliki keyakinan penuh bahwa Taylor akan membawa Memphis merasakan gelar juara pertama kalinya," ujarnya menambahkan.

Perpanjangan kontrak Jenkins menjadi langkah bisnis penting bagi Grizzlies yang sebelumnya menyepakati perpanjangan kontrak jangka panjang bagi forward Jaren Jackson Jr.

Grizzlies juga kemungkinan akan memperpanjang kontrak bintang utama mereka, Ja Morant, yang berhak mendapatkan kontrak maksimal setelah menggantikan kontrak debutannya sejak 2019.

Jenkins menjabat pekerjaannya sejak 2019 dan kecuali pada musim perdananya ia selalu berhasil membawa Grizzlies tampil pada fase playoff dua tahun terakhir.

Pada musim 2021-22, Jenkins mengantarkan Grizzlies finis di urutan kedua Wilayah Barat dengan catatan menang kalah 56-26 yang menyamai rekor terbaik tim itu di NBA.

Baca juga: Bos Memphis Grizzlies menangi anugerah Eksekutif Terbaik NBA 2021-22

Jenkins menjadi salah satu kandidat Pelatih Terbaik NBA 2021-22 dan finis di urutan kedua pemilihan, hanya kalah oleh pelatih Phoenix Suns Monty Williams.

Musim lalu Jenkins memenangi satu penghargaan pelatih bulanan terbaik NBA pada Desember 2021.

Di bawah Jenkins, musim lalu Grizzlies memuncaki sejumlah peringkat statistik yakni rata-rata 49,2 rebound, 14,1 offensive rebound, 9,8 steal, 6,5 blok, 57,6 poin di paint area, 18,7 poin kesempatan kedua dan 17,7 poin dari fast break per gim.

Angka-angka tersebut memecahkan rekor terbaik Grizzlies sepanjang sejarah, kecuali untuk blok.

Grizzlies juga jadi tim pertama yang memuncaki klasemen statistik rebound, steal, dan blok sejak 1973-74.

Salah satu torehan terbaik Grizzlies musim lalu adalah memecahkan rekor 11 kemenangan beruntun dan mengantungi 26 kemenangan tandang, 26 gim Wilayah Barat, serta 11 gim Divisi Barat Daya yang merupakan rekor baru tim.

Baca juga: Ja Morant terpaksa absen selama sisa playoff karena cedera

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022