Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (14/6), mulai dari KPU luncurkan tahapan Pemilu 2024, hingga Prabowo dan sejumlah menteri sambangi Istana di tengah isu "reshuffle".

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.


KPU luncurkan tahapan Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum RI, di Jakarta, Selasa, secara resmi meluncurkan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024.

"Pada malam ini, Selasa, 14 Juni 2022, kalau dihitung dari hari pemungutan suara, hari ini tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara, konstitusi dan mandat undang-undang mengamanatkan dimulainya tahapan Pemilu 2024," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat peluncuran tahapan Pemilu 2024 tersebut.

Selengkapnya baca di sini.


Bawaslu-KPU sepakat durasi penyelesaian sengketa pemilu selama 10 hari

Bawaslu dan KPU RI sudah sepakat soal durasi penyelesaian sengketa untuk Pemilu 2024 akan diselesaikan dalam 10 hari kalender.

"Ini sudah selesai perdebatannya, 10 hari, sudah sepakat (dengan pihak KPU) sudah mengerti," kata Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di Jakarta Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Rapat Paripurna DPR setujui tiga calon anggota DKPP usulan Komisi II

Rapat Paripurna DPR, Selasa siang, menyetujui tiga nama calon anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) periode 2022-2027 yang merupakan usulan Komisi II.

"Apakah laporan Komisi II DPR RI atas hasil pembahasan calon anggota DKPP periode 2022-2027 dapat disetujui?" tanya Wakil Ketua DPR Lodewijk Paulus dalam Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Jokowi panggil Zulkifli Hasan ke Istana di tengah isu "reshuffle"

Presiden RI Joko Widodo memanggil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa petang, di tengah isu perombakan atau reshuffle kabinet.

Pemanggilan Zulkifli Hasan ke Istana diungkapkan politikus PAN Yandri Susanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Prabowo dan sejumlah menteri sambangi Istana di tengah isu "reshuffle"

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju menyambangi Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Selasa sore, di tengah isu reshuffle yang bergulir.

Menhan Prabowo memasuki Istana Kepresidenan melewati pintu yang berada di samping Masjid Baiturrahim.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022