Jakarta (ANTARA) - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) bersama Kazakh Ablai Khan University of Internasional Relations and World Language mendirikan Indonesian Corner untuk menguatkan kerja sama serta pengembangan hubungan antarkedua perguruan tinggi.

“Internasionalisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat dilakukan melalui multitrack cooperation. Selain memperkuat jejaring yang akan menangkap peluang kerja sama yang lebih luas, mengurai tujuan dan sasaran yang partitif, juga akan memberikan peluang dan kesempatan aspek kerja sama di bidang lain yang diperlukan,” kata Rektor UPNVJ Erna Hernawati dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Ia menekankan keberadaan Indonesian Corner di perguruan tinggi yang berada di Kota Almaty, Kazakhstan strategis dalam upaya internasionalisasi UPNVJ di Kawasan Asia Tengah. Posisi yang strategis bisa dijadikan sebagai cikal bakal untuk merintis kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan atau pariwisata, melalui diplomasi pendidikan.

Kegiatan yang diselenggarakan di dalam Indonesian Corner beraneka ragam, di antaranya menambah dan melengkapi pengisian bahan-bahan promosi seni budaya yang berkaitan dengan Indonesia, pengajaran bahasa Indonesia untuk civitas akademika Ablai Khan dan bahasa Kazakh untuk civitas akademika UPNVJ, pergelaran seni budaya, dan pertukaran mahasiswa family home stay.

Nantinya, Indonesian Corner juga akan menempati sebuah ruangan yang memadai dan diberikan foto Presiden dan Wakil Presiden RI, lambang negara Garuda Pancasila, bendera Merah Putih, berbagai bahan promosi serta cenderamata tradisional khas Indonesia.

Baca juga: Dirjen Diktiristek resmikan Gedung Fakultas Kedokteran UPNVJ baru

Dalam delegasi bersama yang diadakan pada 9 Juni-11 Juni 2022 itu turut menyepakati hal lainnya, seperti pertukaran mahasiswa dan dosen, summer course, mobility, serta kerja sama riset, dan publikasi ilmiah.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Ablai Khan University of Internasional Relations and World Language Tatyana Seryozhkina mengapresiasi Indonesian Corner yang dirasa dapat menjadi sebuah penyambung kerja sama dengan UPNVJ di masa mendatang.

“Kolaborasi ini merupakan momentum yang tepat sebagai upaya saling mengenal lebih dalam lagi melalui kerja sama pendidikan, sosial dan budaya, serta bidang penting lain bagi civitas akademika dan masyarakat kedua negara,” ujar dia.

UPNVJ saat ini sedang disibukkan dengan kegiatan penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri S-1 yang dibuka sejak Selasa (14/6), khusus bagi calon mahasiswa yang dinyatakan tidak lolos Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

Terdapat dua jalur dalam Seleksi Mandiri S-1 tersebut, yaitu jalur akademik dan jalur prestasi. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran mengenai Seleksi Mandiri S-1, selengkapnya dapat dicari melalui laman resmi UPNVJ yakni https://penmaru.upnvj.ac.id/

Baca juga: Peringati Kemerdekaan RI, UPNVJ-Kemendikbudristek gelar vaksinasi
Baca juga: UPNVJ-Polda Metro Jaya lakukan vaksinasi massal pada masyarakat


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022