Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan sebagian wilayah setempat mengalami hujan petir, Sabtu.

Rilis pers diterima Antara, Sabtu, pada pagi hari, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Banyuasin.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga potensi hujan disertai petir di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Lahat dan Empat Lawang. Sedangkan yang berpotensi hujan ringan di wilayah Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Pagaralam, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan, berpotensi hujan petir di wilayah Lubuklinggau, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara; potensi hujan ringan di wilayah Empat Lawang, Musi Banyuasin dan Banyuasin.

Baca juga: Curah hujan tinggi, ribuan rumah warga Baturaja Sumsel dilanda banjir

Baca juga: BMKG prakirakan wilayah Sumsel berpotensi hujan lebat


Pada dini hari, cuaca diprakirakan cerah berawan, berpotensi kabut di wilayah Lahat dan Pagaralam.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 23 – 33 °C, kelembapan udara 55 persen - 97 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 18 – 31 °C, kelembapan udara 60 persen - 100 persen.

Angin berkisar dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 5 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Selatan, dan Selat Bangka bagian Utara 0,1 – 0,5 meter, cuaca diprakirakan berawan, arah angin bergerak dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 4 – 30 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini ke warga Sumsel untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada sore hingga malam hari di wilayah OKI, Lahat, Empat Lawang, Lubuklinggau, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.*

Baca juga: BMKG: Sumsel potensi berawan hingga hujan lebat

Baca juga: BMKG: Sumsel waspadai hujan lebat disertai angin kencang

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022