Jakarta (ANTARA) - Momen menjelang ulang tahun kota Jakarta yang jatuh pada 22 Juni adalah kesempatan untuk menemukan dan menikmati aneka makanan khas Betawi yang sudah sulit dicari.

Salah satu kesempatan itu ada di perhelatan "A Week in Batavia" di The Sultan Hotel & Residence yang digelar bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendukung pelaku usaha sekaligus mempromosikan kebudayaan Betawi.

VP Operations The Sultan Hotel & Residence Jakarta, I Nyoman Sarya, menuturkan dalam siaran resmi, selasa, ada 30 menu hidangan pembuka sampai hidangan penutup yang disuguhkan setiap hari di Lagoon Cafe hingga 23 Juni 2022.

Salah satu kuliner langka khas Betawi yang disajikan di sini adalah gabus pucung, kata Executive sous chef The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Eric Kusnadi. Sesuai namanya, hidangan ini memakai ikan gabus sebagai bahan utama. Ikan gabus dipilih karena punya banyak serat dan lemak sehingga tak mudah hancur saat dimasak.

"Gabus pucung terancam punah karena ikannya sulit didapat," kata Eric.

Baca juga: Sayur babanci, hidangan Idul Fitri langka khas Betawi

Baca juga: Buka puasa dengan hidangan Betawi yang sudah langka di Cikini


Ikan, yang dimasak dengan bumbu serupa rawon, ini dimarinasi dengan bumbu garam, lada hitam, kunyit dan bawang putih serta lemon agar tidak amis. Tampilannya serba hitam, tapi penuh kaya rasa ketika dicicipi.

Menu populer Betawi lain yang ada di perhelatan ini meliputi gado-gado Betawi, asinan Jakarta, rujak Juhi, laksa Betawi, kerak telor, soto mie Jakarta sampai nasi uduk khas Betawi dengan lauknya bisa berupa semur daging, ayam sampyok, kakap merah sayur krecek, juga ikan kembung pesmol.

Tak lupa hadir soto Betawi dengan kuah santan yang kental dan kari daging Marunda. Ada juga mie kangkung yang lebih "kekinian" karena ditaburi dengan potongan ayam karaage. Pengunjung juga dapat menikmati hidangan penutup yang penuh nostalgia seperti kue tambang, kue kembang goyang, cucur, kue ape, kue putu, rangginang, talam pandan serta es cincau hijau.

Masih belum puas? Ada buah-buahan khas Jakarta seperti kamblang, kesemek, jambu klutuk, sawo sampai kecapi. Minuman tradisional seperti bir pletok juga ada di sini.

Perhelatan ini diramaikan 10 UMKM binaan Jakpreneur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam bentuk jajanan Betawi dan kerajinan khas Jakarta.

"A Week in Batavia" disajikan dalam konsep prasmanan seharga Rp495.000 nett untuk makan siang dan makan malam.

Baca juga: Menu Ramadhan - Gabus Pucung

Baca juga: Sandiaga kunjungi rumah para walikota di Setu Babakan

Baca juga: Sayur pucung ikan gabus di kuliner Ramadhan Bekasi

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022