Jakarta (ANTARA) - Dalam semarak Hari Ulang Tahun Jakarta, GoFood melalui inisiatif Koleksi Juara Lokal memberikan rekomendasi restoran yang menyajikan makanan khas Jakarta melalui halaman utama GoFood atau dengan mengetik “Juara Lokal” di kolom pencarian pada halaman utama aplikasi Gojek.

Daftar restoran itu, seperti disiarkan keterangan tertulis GoFood, Senin, telah dikurasi berdasarkan beberapa kriteria yaitu rekomendasi hidangan khas, resto legendaris, hidden gem, favorit masyarakat setempat, serta usaha mikro, kecil dan menengah kuliner lokal Jakarta yang memiliki pertumbuhan bisnis positif dan memiliki potensi untuk terus berkembang.

Head of Regions and External Affairs Gojek Gede Manggala mengatakan Koleksi Juara Lokal GoFood hadir sebagai aksi nyata untuk mendorong UMKM kuliner lokal agar makin dikenal dan mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

"Inisiatif ini juga dapat jadi solusi yang tepat bagi wisatawan dan pecinta kuliner untuk menjelajahi kuliner khas Jakarta melalui aplikasi Gojek," kata Gede.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPUKM) Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo, menuturkan hari ulang tahun Jakarta merupakan momentum tepat untuk kembali mempromosikan ragam kuliner khas Jakarta ke masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, sambung dia, perlu ada dukungan dan sinergi dari berbagai pihak untuk meningkatkan visibilitas terhadap UMKM kuliner Jakarta dapat makin dikenal dan dipesan oleh warga Jakarta dan para wisatawan.

Berikut daftar restoran yang bisa menjadi pilihan untuk merayakan hari ulang tahun Jakarta.

1. Soto Betawi H. Ma’ruf

Restoran soto betawi yang telah beroperasi sejak 1943 menawarkan cita rasa otentik betawi pada kuah soto berbahan dasar gabungan antara susu dan santan tanpa MSG. Selain soto, restoran legendaris itu juga memberikan ragam pilihan menu lainnya yang dapat dicicipi seperti Laksa Betawi dan Sate Sapi Khas Betawi.

Soto Betawi H. Ma'ruf berada di daerah Pramuka, Taman Ismail Marzuki, Gondangdia dan Tebet dengan jam operasional setiap hari pukul 09.30 - 20.30 WIB

2. Ayam Goreng Berkah Rachmat

Restoran ayam kampung asli di daerah Melawai itu diketahui menjadi salah satu lokasi makan favorit warga Jakarta Selatan. Ayam Goreng Berkah Rachmat didirikan sejak 1960-an oleh seorang mantan prajurit kemerdekaan Republik Indonesia dan hingga saat ini bertahan berkat cita rasa dan kualitas ayam goreng yang nikmat dan gurih serta dipadukan dengan sayur asem dan sambal khasnya. Restoran ini buka setiap hari pukul 10.30 - 21.45 WIB.
 
Asinan Special Ny. Isye, (ANTARA/HO-GoFood)


3. Asinan Special Ny. Isye

Restoran Asinan Special Ny. Isye terletak di Jalan Kamboja, Rawamangun, Jakarta Timur, menyuguhkan aneka menu andalan seperti asinan sayur, asinan buah, mie salad, mie juhi, dan lain sebagainya. Asinan khas Jakarta dengan rating 4.7 dari belasan ribu pelanggan itu buka setiap hari pukul 08:00 - 19:00 WIB.

4. Ketoprak Ciragil

Ketoprak Ciragil berlokasi di Jalan Ciragil II, Senopati, Jakarta Selatan. Selain lontong yang dipadukan dengan bumbu kacang yang gurih serta kental, pada ketoprak ditambahkan telur sesuai pesanan konsumen baik itu telur dadar, telur ceplok, telur rebus, hingga telur asin. Ketoprak Ciragil buka setiap hari pukul 08.- 16.30 WIB.
 
Kue Pancong Bulak (ANTARA/HO-GoFood)


5. Kue Pancong Bulak

Kue pancong menjadi salah satu jajanan tradisional Jakarta yang memiliki banyak peminat. Penikmat kuliner pun sering mengulas jajanan ini, termasuk Kue Pancong Bulak yang dimasak setengah matang dengan aneka topping (pugasan) tambahan seperti keju, cokelat, kental manis hingga beragam selai kekinian.

Kue Pancong Bulak dapat ditemui di Jalan Duren Sawit, Jakarta Timur dengan jam operasional setiap hari selama 24 jam.

Baca juga: Menjelajahi ragam cita rasa khas Nusantara di kawasan Kuningan Jakarta

Baca juga: Tempat nongkrong baru di Jakarta berisi ragam hidangan Nusantara

Baca juga: Makanan tradisional Betawi kini dapat dinikmati secara berkelas

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023