Saya akan menghabiskan waktu dengan dewan perusahaan dalam dua minggu untuk mempresentasikan ide dan perubahan,"
Jakatra (ANTARA News) - Kepala Eksekutif Research in Motion Thorsten Heins tidak membuang-buang waktu dengan pekerjaan barunya. Dia akan mempresentasikan rencana kerja kepada dewan  direksi dalam beberapa pekan ke depan.

Kepala eksekutif baru asal Jerman itu mengambil alih jabatan dari dua eksekutif lama pada Sabtu dan dia memiliki rencana "penting" untuk RIM, walaupun tidak mengungkapkan rincian rencananya dalam wawancara dengan Reuters.

"Saya akan menghabiskan waktu dengan dewan perusahaan dalam dua minggu untuk mempresentasikan ide dan perubahan," kata Heins.

Ia mengatakan akan melakukan hal mendasar untuk mengatasi masalah perusahaan dan kembali membujuk pasar AS membeli BlackBerry.

RIM sedang berkembang di negara-negara selain AS dan  Heins mengakui bisnis mereka di AS perlu bangkit setelah kalah dari rival iPhone Apple Inc.

Sebelumnya, RIM pernah memiliki keuntungan ketika pengguna bergantung pada layanan email RIM.

"Kami kehilangan pangsa pasar yang cukup besar di AS. Masalah itu yang harus kami tangani," katanya.

Operator telekomunikasi AS seperti Verizon Wireless dan AT & T Inc membantu BlackBerry dengan iklan besar-besaran dan promosi di masa lalu. Namun saat ini, operator jauh lebih fokus mempromosikan perangkat seperti iPhone dan ponsel pintar berbasis sistem operasi Google Android.

Upaya Heins (RIM) untuk merebut hati operator sangatlah rumit, mengingat fakta Desember 2011, RIM telah menunda peluncuran ponsel pintar berbasis sistem operasi terbaru BlackBerry 10 (BBX) hingga akhir tahun 2012. Hal itu mungkin disebabkan RIM sedang menunggu proses pembuatan chip bertenaga tinggi.

Heins akan berkonsentrasi meluncurkan BlackBerry terbaru ke tangan konsumen terlebih dahulu. Ia mencatat hanya 20 persen pengguna BlackBerry yang memiliki BlackBerry terbaru dan harga BlackBerry terbaru sangat kompetitif dengan ponsel pintar para rival.

Sisanya, pelanggan RIM di AS memiliki BlackBerry dengan perangkat lunak RIM yang lama. "Beberapa di antaranya,  sistem operasi dengan dua generasi di belakang," katanya.

Untuk mengatasi hal itu, RIM telah bekerja sama dengan operator AS untuk memperbarui sistem operasi RIM yang lama dan mempromosikan sistem operasi BlackBerry 7 yang diluncurkan pada 7 Agustus lalu.

Ia juga bertaruh tablet Playbook dapat bersaing dengan iPad Apple iPad. Musim semi ini, Heins mengatakan RIM akan meluncurkan PlayBook dengan koneksi nirkabel berkecepatan tinggi berbasis LTE (4G) - tiga operator besar AS sedang membangun ke jaringan LTE mereka.

Verizon Wireless dan AT & T sudah mempromosikan perangkat LTE termasuk ponsel pintar dan tablet saingan RIM. Ponsel pintar pertama RIM dengan 4G berada dalam line-up BlackBerry 10, kata Heins.

Dalam presentasi pertamanya dihadapan Wall Street pada pekan ini, Heins mengatakan RIM tidak membutuhkan perubahan drastis. Hal itu menyebabkan beberapa analis khawatir kepala eksekutif tidak mampu melakukan perubahan untuk membalikkan keadaaan perusahaan.
 (adm)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012