Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada hari Selasa (21/6), mulai dari Presiden Jokowi hadiri Rakernas PDI Perjuangan hingga Komisi II DPR RI setujui lima RUU provinsi dilanjutkan ke rapat paripurna.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.


Presiden Jokowi hadiri Rakernas PDIP

Presiden Joko Widodo menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II 2021 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Sekolah Partai Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lenteng Agung, Jakarta pada Selasa (21/6).

Presiden Joko Widodo hadir sekitar pukul 09.40 WIB dan disambut oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Kepala Analisa dan Pengendali Situasi (Situation Room) DPP PDI Perjuangan Muhammad Prananda, Sekretaris Kabinet yang juga kader PDIP Pramono Anung serta fungsionaris partai lainnya.

Selengkapnya baca di sini.


Gibran menjawab wacana maju pilgub oleh PDIP

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjawab wacana maju pemilihan gubernur yang dilontarkan oleh politisi PDI Perjuangan Puan Maharani beberapa waktu lalu.

"Saya fokus di Solo dulu, nggarap ASEAN Para Games," kata Gibran, di Solo, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Ahmad Syaikhu: PKS mengutamakan cari koalisi

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menegaskan partainya mengutamakan mencari koalisi dengan partai politik (parpol) lain yang selanjutnya mengumumkan calon presiden (capres).

"PKS membangun komunikasi dengan partai politik (parpol) lain untuk membangun poros baru atau poros alternatif," katanya saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Presiden akan tinjau sejumlah proyek di IKN Nusantara

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meninjau sejumlah proyek di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (22/6),

"Proyek yang akan ditinjau oleh Presiden besok, antara lain, Bendung Sepaku-Semoi dan Persemaian Modern IKN di Kelurahan Mentawir, Kecamatan Sepaku," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim M Faisal di Samarinda, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Komisi II setujui lima RUU provinsi dilanjutkan ke Rapat Paripurna

Komisi II DPR RI menyetujui lima Rancangan Undang-Undang (RUU), yaitu Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur, untuk dilanjutkan pengambilan keputusan di Rapat Paripurna.

"Saya menanyakan kepada seluruh fraksi, Komite I DPD RI, dan Pemerintah, apakah pembentukan RUU Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi, Provinsi Riau, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat dapat disetujui menjadi draf final dan akan dibawa ke pembicaraan Tingkat II di Rapat Paripurna DPR mendatang?" kata Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung dalam Rapat Kerja Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022