Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendirikan SDGs Desa Center di Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN.

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar dalam rangkaian kerja sama PKN STAN dan Kemendes PDTT yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu, mengatakan SDGs Desa Center merupakan salah satu upaya untuk melibatkan perguruan tinggi agar semakin membaur dalam pemberdayaan masyarakat desa.

Dengan demikian, lanjut dia, perguruan tinggi tidak lagi menjadi institusi teoritis yang jauh dari masyarakat dan karya ilmiah yang dihasilkan pun benar-benar digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan desa.

Baca juga: Mendes PDTT: SDGs Desa arah pembangunan desa

"SDGs Desa Center telah membukakan gerbang ilmu pengetahuan lebih lebar untuk menerapkan Tridharma Perguruan Tinggi, serta mengeratkan kerja bersama Kementerian Desa PDTT," kata Mendes PDTT saat meresmikan SDGs Desa Center bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di PKN STAN, Rabu.

Menurut dia, SDGs Desa Center adalah wujud dukungan pemerintah agar perguruan tinggi siap menjadi agen utama dalam mencapai tujuan-tujuan keberlanjutan dari SDGs Desa.

Melalui SDGs Desa Center akan terfasilitasi program kegiatan yang mampu memberikan pengalaman kepada mahasiswa dan di sisi lain mahasiswa dapat ikut memecahkan persoalan yang ada.

Baca juga: Kemendes PDTT butuh lebih banyak tenaga PKN STAN

"SDGs Desa Center ini menguatkan partisipasi akademisi dalam mendukung dan mengembangkan desa mencapai tujuan dalam SDGs Desa," kata Gus Halim.

SDGs Desa Center yang diresmikan di PKN STAN merupakan yang pertama dibuat di Indonesia dalam lingkungan kampus. Kemendes PDTT juga berencana menerapkan SDGs Desa Center di kampus-kampus lainnya di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Kemendes PDTT menjadikan PKN STAN sebagai tempat pertama SDGs Desa Center.

Baca juga: Mendes PDTT: Membangun Indonesia dari desa langkah tepat

"Kegiatan yang dilakukan hari ini memang sesuai dengan tujuan PKN STAN dan Tridharma Perguruan Tinggi," katanya.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022