Jakarta (ANTARA) - Informasi terkait anggota G20 yang telah mengamankan dana hampir 1,1 miliar dolar AS untuk kesiapsiagaan pandemi menjadi salah satu berita ekonomi yang paling banyak dibaca di kanal Antaranews.com pada Rabu kemarin (22/6).

Selain itu, berita tentang ketangguhan ekonomi Indonesia di tengah peningkatan risiko global hingga kolaborasi daerah untuk menurunkan harga pangan nasional juga menarik untuk dibaca sebagai informasi tambahan dalam mengawali kegiatan pagi ini.

Berikut berita-berita ekonomi terpopuler selengkapnya:


G20 amankan 1,1 miliar dolar AS untuk kesiapsiagaan pandemi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan para anggota G20 telah berhasil mengamankan dana sebesar 1,1 miliar dolar AS untuk Dana Perantara Keuangan atau Financial Intermediary Fund (FIF).

“Komitmen kontribusi sejumlah hampir 1,1 miliar dolar AS telah diamankan untuk FIF guna pencegahan, kesiapsiagaan dan respons pandemi,” ujarnya.

Baca selengkapnya di sini.


Ekonomi Indonesia tangguh

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menyatakan proyeksi Bank Dunia terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini sebesar 5,1 persen menunjukkan resiliensi (ketangguhan) di tengah peningkatan risiko global.

Bank Dunia menilai pemulihan ekonomi Indonesia masih berlanjut di tengah situasi global yang semakin menantang baik adanya tekanan inflasi, pengetatan kebijakan moneter eksternal dan pemburukan perekonomian global.

Baca selengkapnya di sini.


Harga minyak Asia anjlok

Harga minyak anjlok lebih dari lima dolar AS per barel di perdagangan Asia pada Rabu sore. Harga minyak mentah berjangka Brent merosot 5,10 dolar atau 4,5 persen, menjadi diperdagangkan di 109,55 dolar AS per barel pada pukul 08.00 GMT.

Sementara itu harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS terpangkas 5,37 dolar AS atau 5,9 persen, menjadi diperdagangkan di 104,15 dolar AS per barel.

Baca selengkapnya di sini.


Panen padi IP400

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memanen dan menanam padi program IP400 di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah dalam memperingati Hari Krida Pertanian (HKP) dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional.

IP (Indeks Pertanaman) 400 adalah sawah yang dimanfaatkan untuk empat kali penanaman dalam setahun sehingga akan melakukan panen empat kali dalam setahun. Upaya tersebut dilakukan untuk menggenjot produksi pangan.

Baca selengkapnya di sini.


Kolaborasi untuk stabilitas harga pangan

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga meminta pemerintah daerah untuk ikut serta membantu memastikan stabilitas harga pangan di daerahnya.

Diketahui harga sejumlah komoditas di Lampung untuk cabai merah Rp100 ribu per kilogram, bawang merah Rp55 ribu per kilogram, bawang putih Rp20 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp15 ribu per liter.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022