Bakamla dan Dubes RI untuk Vietnam bahas penyelesaian batas wilayah

Bakamla dan Dubes RI untuk Vietnam bahas penyelesaian batas wilayah

Kepala Badan Keamanan Laut RI Laksdya TNI Aan Kurnia (kanan) menerima kunjungan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Denny Abdy di Aula Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2022). (ANTARA/HO-Bakamla RI)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia dan Duta Besar RI untuk Vietnam Denny Abdi membahas upaya penyelesaian batas wilayah sebagai upaya katalisator penuntasan masalah perbatasan Indonesia dan Vietnam.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, pertemuan tersebut juga memberikan gambaran untuk membangun perspektif bagi pihak-pihak penegak hukum di Tanah Air terkait masalah perbatasan.

"Kami akan terus berupaya membangun trust (kepercayaan) dan capacity (kapasitas) dengan semua negara tetangga di kawasan," kata Aan Kurnia.

Aan mengatakan Bakamla menyambut baik progres penyelesaian masalah perbatasan dan memberikan dukungan untuk penguatan kerja sama di wilayah laut.

"Kami sangat berharap pada tahun 2023 nanti, saat Indonesia memegang keketuaan ASEAN, forum ASEAN Coast Guard dapat dibentuk sebagai satu warisan untuk mendorong terwujudnya laut di kawasan yang aman dan damai," tambahnya.

Baca juga: Bakamla: PKKPH tidak ambil alih kewenangan penyidik

Berdasarkan perspektif Bakamla, saat ini pihaknya memiliki hubungan baik dengan Vietnam Coast Guard (VCG) dan telah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) pada 28 Desember 2021.

Dalam perjalanannya, lanjut Aan, kerja sama tersebut mendapatkan asistensi dari Kementerian Luar Negeri RI untuk proses ratifikasi. Oleh karena itu, sinergisme antara Bakamla RI dan Kemlu RI dapat terjalin semakin kuat dari waktu ke waktu.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Aula Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Rabu (26/6).​​​​​​, Aan juga turut menyampaikan tren keamanan terkini di kawasan, khususnya di perairan yang bersisian dengan Vietnam. Selain itu, dia juga menyampaikan rencana penguatan kerja sama antara Bakamla RI dengan VCG.

Turut hadir dalam pertemuan itu antara lain Sekretaris Pertama Fungsi Politik KBRI Hanoi Fenny Zamzari, Direktur Kerja Sama Bakamla Laksma Bakamla Purwanto Djoko, Direktur Latihan Bakamla Laksma Bakamla Suwito, serta Kepala Pusat Informasi Marabahaya Laut (KPIML) Bakamla Kolonel Bakamla Jan Lucky Boy.

Baca juga: Bakamla dan BNPT bersinergi cegah terorisme di wilayah kemaritiman RI

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar